Cukup Bayar Rp50 Ribu, di Sini Makan Durian Sepuasnya!

Zuhri Noviandi, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 30 298 1837890 cukup-bayar-rp50-ribu-di-sini-makan-durian-sepuasnya-M5kr5kNJGS.jpg Festival Durian Aceh 2017 (Foto:Zuhri)

DURIAN Aceh dikenal dengan memiliki citra rasa yang lezat. Namun pernahkah Anda memakan sepuasnya hanya dengan merogoh kocek 50 ribu saja. Di penghujung akhir  2017, Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar Festival Durian sebagai ajang untuk memperkenalkan salah satu khas Kuliner Aceh.

Festival Durian ini berlangsung selama tiga hari mulai 29 hingga 31 Desember 2017. Di pelantaran pusat pembelanjaan Barata, samping Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Yang menarik dari festival durian ini ialah setiap warga atau pengunjung hanya cukup merogek koceh sebesar Rp50 ribu saja, lalu warga dipersilahkan untuk memakan durian sepuasnya baik bersma teman maupun keluarga.

BACA JUGA:

Donat Sebesar Kepala Manusia! Berani Coba?

Pada festival ini peserta harus mengikuti aturan yang telah ditentukan panitia yaitu setiap warga bebas mengambil durian yang disediakan kemudian harus menghabiskannya dalam waktu dua jam.

Pantauan Okezone, tidak hanya warga lokal sejumlah wisatawa baik dalam negeri maupun mancanegara juga ikut meramaikan festival ini. Durian hasil tampungan dari sejumlah wilayah di Aceh itu dikemas menjadi nama Carbonarra Durian. Festival tersebur perdana di gelar di Kota Banda Aceh.

Muhammad Riski, Operasional Manager Carbonarra Aceh, mengatakan ajang festival itu bertujuan untuk menyuguhkan kepada seluruh masyrakat atau pencinta durian menikmati cita rasa khas durian Aceh. Katanya, durian yang disediakan merupakan hasil tampungan dari petani durian di seluruh pelosok Aceh, dalam festival ini pihaknya menyediakan sebanyak 5.000 durian.

"Durian di Aceh itu cukup banyak dan berkualitas kali ini panitia berinisiatif menjual durian itu dengan branding Carbonarra. Ia menilai selama ini banyak durian di Aceh yang terjual namun cara membrandinnya kurang baik. Maka Kami hadir untuk memberikan solusi atau ide baru membranding durian Aceh untuk kemudian dikenal oleh masyrakat luar," katanya, Sabtu (30/12/2017).

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan dengan hadirnya ajang festival durian tersebut menambah ajang pesta kuliner di pusat Ibu Kota Provinsi Aceh itu. Katanya, Aceh dikenal dengan beragam kuliner mulai dari Mie Aceh, Kuah Beulangong, Kopi dan jenis makanan lainnya.

"Aceh adalag sebagai daerah penghasil durian, jadi dengan hadirnya festival ini kita bisa memperkenalkan durian khas Aceh kepada setiap wisatawan yang datang dan merasakan bagaimana sensai durian Aceh itu sendiri," ujarnya, saat membuka Festival Durian.

BACA JUGA:

Mau yang ala Korea Selatan untuk Makan Siang? Jajal Bikin...

Aminullah menilai, festival yang digagas oleh teman-teman Carbonarra Durian, merupakan ide ekonomi kreatif yang bisa menampung tanaga kerja dan menarik wisatawan datang ke Aceh.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta yang mengaku penasaran dengan cita rasa durian Aceh, mengatakan sangat menikmati durian khas Aceh. Saat festival berlangsung ia mengambil sebanyak 10 sepuluh durian untuk dicicipi bersama keluaga.

"Enak sekali, isinya tebal dan rasanya manis pokoknya enak deh," ujar Robi yang baru tiba di kota Banda Aceh selama dua hari, kedatangannya dalam rangka liburan akhir tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini