nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resolusi Sehat agar Tetap Rajin Olahraga di 2018

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 30 481 1837738 resolusi-sehat-agar-tetap-rajin-olahraga-di-2018-19clpFglRf.jpg Ilustrasi (Foto: Wustl)

OLAHRAGA jadi salah satu kegiatan wajib yang bisa dilakukan seseorang. Tentu kegiatan ini jadi hal utama untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Kalau yang belum terbiasa berolahraga, tentu harus beresolusi supaya hidup lebih sehat. Olahraga banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bisa menjaga berat badan dan kekebalan tubuh.

Tapi tentu sebelum beresolusi, Anda yang suka berolahraga juga bisa melihat capaian olahraga yang dilakukan selama ini. Selama 2018 nanti tentu harus lebih giat dan nyaman dilakukan.

Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto SpKO membeberkan tips agar setiap orang berhasil menerapkan resolusi 2018 di bidang olahraga. Berikut rangkumannya yang ditulis Okezone, Sabtu (30/12/2017).

Ekspektasi jangan berlebihan

Sudah membiasakan olahraga ringan secara rutin saja sudah cukup, maka jangan ditambah dengan kebiasaan olahraga yang terlalu berlebihan. Karena olahraga pada dasarnya bukan untuk bergaya atau posting di media sosial, ambil manfaatnya yakni menjaga kebugaran tubuh.

Lakukan olahraga ringan

Biasakan pilih olahraga yang ringan dan dekat dengan kita. Kebiasaan ini dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau olahraganya harus benar-benar dilakukan setiap hari dan tidak buang waktu. Separti biasakan jalan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Misal dari halte ke kantor dan sebaliknya. Tapi frekuensi harus diperbanyak dan pakai sistem jalan cepat.

Ukur kemampuan

Jangan mencoba melakukan olahraga yang benar-benar menguras energi kalau tidak mampu. Karena yang ada justru Anda malah sakit. Alih-alih bagi orang penderita sebuah penyakit kronis, seperti diabetes. Anda bisa mengalami penurunan kondisi kalau melakukan olahraga berat yang tidak sesuai kemampuan.

Jangan pilih olahraga mahal

Belakangan ini, tren olahraga ke gym, zumba, pilates sangat terkenal. Orang sengaja merogoh kocek lebih supaya bisa melakukannya. Kalau memang tidak mampu secara finansial jangan paksakan kehendak. Yang ada Anda terpaksa dan resolusi jadi gagal dan olahraga jadi tidak bersahabat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini