nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selepas Perayaan Tahun Baru, Ancol Ajak Pengunjung Bersih-Bersih Pantai dengan Reward Menarik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 01 Januari 2018 06:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 31 406 1838285 selepas-perayaan-tahun-baru-ancol-ajak-pengunjung-bersih-bersih-pantai-dengan-reward-menarik-tnEmyg430M.jpg Ancol Malam Tahun Baru (Foto: Dimas/Okezone)

MEMBLUDAKNYA jumlah wisatawan yang mengunjungi spot-spot perayaan Tahun Baru di Ibu Kota Jakarta, tentunya menjadi sebuah perhatian tersendiri bagi Pemprov DKI dan para pengelola objek wisata. Tak terkecuali bagi pihak Taman Impian Jaya Ancol.

Objek wisata ini memang menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia untuk melewatkan momen Tahun Baru bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Menurut data yang disampaikan langsung oleh Humas Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, pada 2016 lalu total kunjungan wisatawan berhasil mencapai angka 270 ribu orang.

Menanggapi hal tersebut, berbagai fasilitas tambahan pun telah disiapkan pihak pengelola demi menjaga kenyamanan serta keamanan para pengunjung, termasuk penambahan tempat sampah, petugas kebersihan, dan toilet portable.

"Untuk urusan sampah memang tidak bisa kita hindari. Kita sudah melakukan penambahan petugas kebersihan dua kali lipat dari hari-hari biasa. Besok kami juga akan mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai. Kita akn mengundang pengunjung dengan mengadakan games-games menarik," tutur Rika kepada Okezone, di Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Minggu (31/12/2017).

Lebih lanjut Rika menjelaskan, setiap 2 kg sampah yang berhasil dikumpulkan pengunjung akan mendapatkan reward lansung sebesar Rp15 ribu. Tidak hanya itu, bagi mereka yang dapat mengumpulkan sampah lebih dari 5 kg, akan langsung diberikan kupon undian untuk mendapatkan sepeda dan hadiah menarik lainnya.

"Kegiatan ini sebetulnya sudah kami lakukan dari tahun 2010 lalu. Antusias pengunjung cukup baik. Karena tujuan kita memang untuk memberikan awareness kepada pengunjung agar lebih tanggap terhadap isu-isu kebersihan," imbuhnya.

Rika mengatakan, untuk tambahan petugas kebersihan sendiri jumlahnya mencapai 437 personil atau dua kali lipat dari hari biasa yang hanya berjumlah 193 orang. Sehingga total keseluruhan personil mencapai 633 orang.

Sementara itu, pihak Taman Impian Jaya Ancol juga sudah melakukan menambahan toilet portable sebanyak 24 unit yang disebar di beberapa area, khususnya di kawasan Lagoon dan Pantai Karnaval yang menjadi lokasi utama perayaan Tahun Baru 2018.

"Toilet yang tersedia totalnya 66 unit. Kami juga menyediakan tambahan tempat sampah khusus berupa plastik-plastik besar yang kami letakkan di area-area keramaian," tukasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini