Share

5 Oleh-Oleh Wajib dari Padang yang Harus Ada di Daftar Belanjaan

Dewi Kania, Okezone · Senin 01 Januari 2018 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 01 298 1838463 5-oleh-oleh-wajib-dari-padang-yang-harus-ada-di-daftar-belanjaan-0Ro5tuW6Jn.jpg Oleh-oleh khas Padang (Foto: Dewi/Okezone)

SELAMA di Kota Padang, pasti Anda mencari-cari rendang, dendeng, keripik sanjay, dan aneka kuliner khas lainnya. Sampai-sampai Anda pun ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Pulang dari Kota Padang tak usah khawatir membawa apa untuk buah tangan yang bisa diberikan kepada kerabat. Ada banyak pilihannya yang bisa diburu.

Tapi awas bisa kalap saat berbelanja aneka oleh-oleh dari Ranah Minang ini. Semuanya enak dan bikin ketagihan, bahkan bisa membingungkan kalau Anda tidak punya list belanja oleh-oleh tersebut.

Belum menjelajahi kotanya saja, ada sebagian traveler yang langsung menuju toko oleh-oleh karena tak mau melewatkan. Semua makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh sangat enak dan semua orang suka.

Tinggal bagaimana Anda memilih jenisnya dan menyiapkan budget yang pas. Kalau bingung, ada rekomendasi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari Kota Padang. Berikut ulasannya yang dirangkum Okezone, Senin (1/1/2018).

Keripik sanjay

Siapa yang tak kenal dengan keripik sanjay khas Padang, oleh-oleh ini sangat terkenal dan paling diburu wisatawan. Keripik sanjay terbuat dari singkong yang diiris tipis memanjang. Lalu dibumbu dengan balado super pedas dengan rempah khas Ranah Minang. Anda pasti menjumpai keripik ini di pusat toko oleh-oleh. Harganya Rp22 ribu untuk 250 gram keripik atau Rp44 ribu untuk 500 gram. Meski pedas, dijamin nagih!

Dakak-dakak

Sama seperti keripik sanjay, dakak-dakak juga dibuat dari singkong yang dipotong kotak-kotak kecil atau tipis. Keripik ini cenderung gurih rasanya, karena dibumbui garam dan kunyit sebagai penyedap. Saat membeli dakak-dakak, jangan di sembarang tempat. Kalau salah beli, bisa-bisa Anda bawa pulang dakak-dakak yang keras dimakan. Harga seplastiknya dibanderol sekira Rp16 ribu saja.

Rendang telur

Kalau ke Padang, jangan lupa bawa pulang rendang telur yang mantap. Sebenarnya makanan ini terbuat dari tepung terigu dan telur yang diolah menjadi keripik. Barulah diolah dengan bumbu rendang yang unik rasanya. Tapi sekali makan, Anda bisa ingin terus nambah. Apalagi kalau dimakan bersama nasi panas saat perut lapar sekali. Harganya dibanderol kisaran Rp16 ribu-Rp25 ribu.

Rendang daging

Nah, ini dia jagoan oleh-oleh khas Padang yang wajib ada dalam daftar belanjaan. Bagi Anda pecinta rendang, Anda bisa mampir ke Toko Rendang Asese. Saat membeli rendang kemasan, Anda bisa langsung melihat cara membuatnya. Lalu, berapa kira-kira harga rendang yang biasa dibawa pulang? Jangan khawatir mahal, untuk rendang daging ukuran 250 gram, dibanderol harga Rp65 ribu dan rendang 500 gram Rp135 ribu yang sudah dikemas cantik. Soal rasa tak usah ditanya, rendang merk ini dikenal punya citarasa mantap dan bikin kangen Kota Padang saat sudah meninggalkannya.

Dendeng

Dendeng juga jadi salah satu oleh-oleh wajib yang ada di dalam kantung belanja. Tentu dendeng ini lebih awet karena daging sapi atau jeroan seperti paru dimasak dengan cara dikeringkan. Anda bisa merogoh kocek sekira Rp110 ribu untuk 100 gram dendeng pedas. Rasanya sudah pasti mantap dan cocok sebagai buah tangan saat kembali dari Ranah Minang.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini