Share

3 Penyebab BAB Berwarna Hitam yang Harus Diwaspadai

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 01 481 1838381 3-penyebab-bab-berwarna-hitam-yang-harus-diwaspadai-x7Mijw71Qj.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

KETIKA buang air besar (BAB) pernahkah Anda memerhatikan apa warna tinja atau feses? Ketika menyadari tinja berwarna hitam gelap, maka sebaiknya Anda waspada.

Tinja yang berwarna hitam adalah tidak biasa dan sering karena perubahan diet. Tapi, BAB berwarna hitam juga bisa menjadi pertanda kanker usus dan adanya pendarahan internal.

Perlu diperhatikan, warna tinja sering menjadi indikator kesehatan. Menurut Mayo Clinic, tinja berwarna cokelat, bahkan hijau dianggap normal. Namun, tinja berwarna merah gelap bisa mengindikasikan kanker usus. Sedangkan tinja berwarna putih atau seperti tanah liat mengarah ke penyakit hati atau saluran empedu.

Anda harus menemui dokter sesegera mungkin jika menyadari perubahan warna tinja ketika BAB. Karena, perubahan warna tinja bisa menjadi tanda adanya sesuatu yang jauh lebih serius pada kesehatan.

Berikut 3 penyebab tinja berwarna hitam yang harus Anda waspadai sebagai masalah kesehatan serius, dilansir dari laman Express, Selasa (2/1/2018):

Pendarahan saluran pencernaan

Tinja berwarna hitam bisa dipicu oleh pendarahan di saluran pencernaan bagian atas, seperti kerongkongan dan perut. Dalam kasus ini, darah dicerna lebih lama daripada jika terjadi pendarahan di usus dan sekitar anus yang akan mengeluarkan tinja dengan warna merah.

Pendarahan pada bagian saluran gastrointestinal ini bisa sangat berbahaya dan Anda harus memeriksakan ke dokter. Hal ini karena pendarahan bisa berpotensi disebabkan oleh ulkus atau tumor, sehingga berakibat fatal.

Baca Juga:

Kanker usus

Menurut Cancer Research UK, tinja berwarna gelap atau hitam bisa mengindikasikan kanker di usus, yang dikenal sebagai kanker usus besar. Dalam hal ini, tinja berwarna hitam mungkin disertai gejala lain, termasuk perubahan kebiasaan BAB, seperti diare dan sembelit, serta perdarahan rektum.

Gastritis

Kondisi ini adalah pembengkakan lapisan perut dan bisa disebabkan oleh terlalu banyak minum alkohol, mengonsumsi makanan pedas dan merokok. Tinja berwarna gelap atau hitam bisa disebabkan oleh pendarahan. Jika tidak diobati, bisa menyebabkan hilangnya lapisan lambung dan kelenjar yang berbahaya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini