Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 02 481 1838795 tanpa-sadar-5-kebiasaan-ini-berdampak-buruk-bagi-kesehatan-3gvh9Pq00b.jpg Ilustrasi (Foto: Vividdental)

SEHAT tidak hanya didasari dengan menjaga pola makan, melakukan olahraga secara teratur, atau mengunjungi dokter untuk berkonsultasi setiap tahun, tetapi juga membatasi kebiasaan buruk yang tanpa disadari bisa membawa dampak negatif.

Penasaran dengan kebiasaan buruk apa saja yang bisa memengaruhi kesehatan? Apakah kebiasaan Anda termasuk salah satunya? Simak ulasannya di bawah ini, sebagaimana telah dilansir dari Boldsky, Selasa (2/1/2018).

Menggigit kuku

Jika menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan Anda, maka sebaiknya Anda harus berhenti melakukannya. Mengapa? Sebab kotoran yang ada di bawah kuku penuh dengan bakteri berbahaya, seperti Staphylococcus. Bakteri tersebut bisa dengan mudah masuk ke tubuh saat Anda menggigitnya yang nantinya menyebabkan penyakit. Dampak lain ialah kuku yang Anda gigit bisa rusak dari waktu ke waktu sehingga penampilan kuku jadi tidak enak dipandang. Kemudian, menggigit kuku juga merusak lapisan pada gigi.

Meskipun kebiasaan menggigit kuku sering kali dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan, ada baiknya Anda tetap menjauhi kebiasaan ini dengan cara mendapatkan manicure. Percayalah, bila kuku Anda cantik karena dicat, Anda jadi tidak ingin menghancurkannya, bukan?

Jarang menyikat gigi

Jarang menyikat gigi bisa menyebabkan hadirnya karang gigi. Hal tersebut dikarenakan sisa makanan yang masih menempel di lapisan gigi tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan itu menjadi mengeras dan mengakibatkan karang gigi. Pengerasan itu disebabkan oleh air liur Anda yang mengandung mineral, seperti kalsium dan fosfor. Keberadaan karang gigi sangat menganggu karena selain memengaruhi penampilan gigi, karang gigi juga menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Sering bergadang

Jika Anda bergadang hanya dalam keadaan darurat dan dilakukan sesekali itu tidak masalah. Tapi, kalau Anda melakukannya keseringan maka itu yang akan jadi perkara. Ingat! Tubuh Anda butuh istirahat. Dan tidur merupakan satu-satunya cara untuk membuat tubuh segar kembali di hari selanjutnya. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur lebih berisiko menderita ketidakseimbangan hormon, kehilangan memori, dan lain-lain.

Ngemil di malam hari

Kebiasaan ini cukup umum di kalangan orang-orang yang gemar bergadang sampai larut malam. Biasanya makanan yang dicemil berupa snack-snack yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan. Memakan makanan di malam hari dapat menghambat siklus tidur Anda, meningkatkan bobot tubuh, dan lain-lain. Cara mengantisipasinya, bisa dilakukan dengan cara tidur lebih awal atau mengemil makanan yang sehat, seperti buah-buahan.

Makan emosional

Makan emosional bisa diartikan sebagai makan untuk pelampiasan, yang terjadi karena stres atau depresi. Biasanya, orang yang makan emosional lebih memilih makanan yang bersifat manis, seperti es krim atau cokelat. Maka dari itu, jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka akan berdampak buruk bagi tubuh, seperti kecanduan makan, obesitas, dan lain-lain

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini