nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow.. KB Suntik Kini Juga Ada untuk Pria

krjogja.com, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 14:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 02 481 1838865 wow-kb-suntik-kini-juga-ada-untuk-pria-IXNhi3l3ov.jpg Ilustrasi

YOGYAKARTA - KB suntik yang selama ini tersedia kebanyakan untuk perempuan. Misalnya saja il, IUD, dan implan hormonal. Pada pria hanya dua pilihan, yakni kondom dan vasektomi yang mengendalikan kesuburan. Namun, pria nantinya bisa suntik KB.

Hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

"Studi ini menemukan bahwa ada kemungkinan untuk memiliki kontrasepsi hormonal untuk pria yang mengurangi risiko kehamilan yang tidak direncanakan pada pasangan pria yang menggunakannya," kata penulis studi Dr. Mario Philip Reyes Festin dari Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss, dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari MedicalDaily.

Selama bertahun-tahun, ada beberapa upaya untuk mengembangkan alat kontrasepsi untuk pria. Periset telah menguji beberapa metode, termasuk pil pria, dan menggunakan hormon sintetis untuk memblokir efek testosteron sehingga testis berhenti memproduksi sel sperma yang sehat.

Namun, menghentikan produksi sperma sulit karena pria terus memproduksi sperma, setidaknya 1.500 sperma sedetik.

Adapun, kontrasepsi dengan suntik pria Ini tanpa menurunkan kadar testosteron yang bisa memicu efek samping seperti libido anjlok. Periset di Institut Guttmacher percaya KB suntik untuk laki-laki ini bisa menjadi pesaing yang layak.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini