Share

Lembur 18 Jam, Dokter Wanita di China Meninggal Dunia

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Selasa 02 Januari 2018 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 02 481 1838884 lembur-18-jam-dokter-wanita-di-china-meninggal-dunia-vzP6P3SsnB.jpg Dokter Zhao (foto: Asiaone)

TERLALU memaksakan diri untuk terus bekerja sangat membahayakan kondisi fisik dan juga mental Anda. Salah efek yang normal diderita orang yang gila kerja adalah stress. Stress bisa berdampak buruk jika tidak segera disembuhkan.

Ketika Anda merasakan stress setiap hari dan menderita karena ketegangan dalam waktu lama, tekanan akan mulai muncul. Tekanan sendiri akan menimbulkan gejala-gejala seperti sakit perut, tekanan darah naik, nyeri di dada, dan yang paling kronis adalah menyebabkan kematian.

BACA JUGA:

Kejadian inipun dialami oleh seorang dokter wanita berusia 43 tahun dari Provinsi Shanxi di China. Zhao Bianxing adalah seorang spesialis penyakit pernafasan yang sedang melakukan tugasnya di rumah sakit Jumat lalu. Ia dilaporkan pingsan tak sadarkan diri dan kemudian meninggal dunia karena telah bekerja selama 18 jam tanpa istirahat.

 

Zhao diketahui meninggal karena pendarahan subarachnois yaitu sejenis stroke yang dibawa oleh aneurisma yang pecah. Dokter yang dikenal dengan dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya ini bekerja sejak jam 6 malam sehari sebelum ia meninggal. Ia menyelesaikan shift malamnya keesokkan hari pada jam 12 siang.

Menurut laporan yang diterima ia terus mengunjungi pasien di rumah sakit dan telah berlangsung sampai 18 jam pada hari itu. Dokter dan perawat yang melihat kejadian tersebut lantas menyelamatkannya. Namun, setelah 20 jam upaya penyelamatan nyawa Zhao akhirnya tak terselematkan karena dokter tidak menemukan denyut nadi dan diketahui bahwa ia telah berhenti bernapas.

 

Rekan-rekannya menggambarkan Zhao sebagai salah satu spesialis pernafasan terbaik dan seorang pekerja keras yang tidak pernah menolak untuk membantu jika diminta. “Ini adalah musim dingin, jadi dokter di department anak-anak dan pernafasan pasti sangat sibuk. Bagian pernapasan terutama karena beberapa kasus telah mengalami peningkatan belakangan ini.” tutur salah satu kolega kerjanya seperti dikutip dari Asiaone, Selasa (2/1/18).

 BACA JUGA:

Peraturan Lembur di Hari Raya yang Anda Harus Tahu

Zhao sebelumnya juga telah memberitahukan rekan-rekannya bahwa beberapa minggu ini ia terlalu sibuk sehingga sangat sulit untuk beristirahat. “Beristirahatlah dengan tenang, semoga tidak ada lembur dan tidak lelah lagi di surga. Berdoalah untuk mereka yang bekerja keras setiap hari, semoga mereka selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Amen.” ujar seorang netizen.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini