6 Langkah Cara Mudah Membuat Pasta Enak

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 03 Januari 2018 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 03 298 1839205 6-langkah-cara-mudah-membuat-pasta-enak-K1vZoEOYfO.jpg Cara Membuat Pasta Enak (Foto: Ndtv)

HIDANGAN pasta, adalah salah satu jenis makanan asing yang mengenyangkan, mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak.

Namun, walaupun hidangan ini simpel, masih sebagian banyak orang belum mengetahui jelas dan benar kunci dalam memasak pasta agar sempurna dengan metode yang tepat agar pasta yang dimasak bisa menjadi hasil akhir yang memuaskan.

Lalu apakah memasak pasta yang enak itu sulit? Well, ternyata tidak kok! Dengan melakoni 6 cara ini, Anda bisa mengusai dengan mudah cara memasak pasta yang al-dente. Seperti apa? Ini dia uraiannya di bawah ini.

1. Selalu gunakan panci berukuran besar : Ukuran dan bentuk apapun, pasta ketika dimasak menuntut ruangan yang luas agar leluasa bergerak ketika proses perebusan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan pot atau panci berukuran besar sehingga pasta ketika direbus bisa bergerak dengan bebas, jika pan atau pot yang digunakan ukurannya terlalu kecil maka pasta bisa saja malah jadi menempel di sisi atau dasar bawah pan.

2. Garam : Pemakaian garam disebutkan jadi salah satu langkah paling esensial alias penting dalam membuat pasta yang sempurna. Setidaknya bubuhi 1 hingga 2 sendok teh garam ke dalam panci (berukuran medium) berisikan pasta yang sedang direbus tersebut, metode ini bisa memberikan rasa pasta semakin mencuat.

3. Pastikan air di panci dalam jumlah cukup: Selain penggunaan panci atau pan yang cukup memiliki ruang, Anda juga harus memastikan panci telah diisi air yang cukup untuk membuat semua batang pasta masuk ke dalam wadah masak dan terendam air. Jika ada yang tercuat keluar, maka pasta tidak dimasak dengan benar.

4. Minyak zaitun : Tambahkan 1-2 sendok teh minyak zaitun alias olive oil ke dalam air rebusan pasta ketika pasta sedang ada di dalam proses perebusan. Trim ini akan mencegah pasta menempel di dasar atau sisi samping panci. Selain juga bisa menambah tekstur halus dalam pasta.

5. Aduk terus : Ketika baru saja direbus, aduk-aduk pasta dengan gerakan pelan yang halus. Selama proses pemasakan pasta, pastikan perebusan pasta ini tidak lepas dari pengawasan mata. Biasakan untuk mengaduk-ngaduk pasta yang sedang direbus ini pada waktu regular interval memasak. Ketika pasta sudah ada dirasa mempunyai tekstur yang pas, cicipi memakai sanduk ataupun garpu apakah tingkat kematangan sudah cukup atau tidak?

6. Simpan air rebusan pasta : Sebelum menyaring pasta dari air rebusan, sendok satu cangkir air rebusan dari dalam panci atau pan. Nah, air sisa rebusan pasta inilah yang dapat membuat hidangan pasta jadi makin lezat. Triknya, tambahkan air sisa rebusan pasta ini ke dalam saus pasta dan pastikan pasta dan saus masing-masih terlapisi dengan baik. Kemudian tambahkan saus (sesuai selera) ke dalam pasta. Jika semu sudah dilakoni, sajian pasta yang lezat dan al-dente ini siap dikonsumsi. Selamat mencoba! Demikian seperti diwarta Ndtv, Rabu (3/1/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini