nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jajanan Asia hingga Kekinian Diprediksi Masih Jadi Tren 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 03 Januari 2018 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 03 298 1839465 jajanan-asia-hingga-kekinian-diprediksi-masih-jadi-tren-2018-IeUcQjkh7D.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP tahun, dunia kuliner Tanah Air juga tidak luput dari yang namanya tren. Perubahan tren kuliner biasanya dipengaruhi oleh kuliner luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Tren jajan menjadi yang termasuk di dalamnya. Akibat maraknya penggunaan media sosial, tren jajanan baru menjadi lebih cepat tersebar dan diketahui oleh masyarakat.

Sepanjang 2017 telah banyak beredar jajanan-jajanan yang digemari masyarakat mulai dari yang bercita rasa tradisional hingga yang berasal dari negara lain. Seblak hingga king mango dari Thailand turut meramaikan lidah masyarakat Indonesia yang senang jajan.

Di sisi lain, menurut Astrid Enricka Dhita, seorang chef Indonesia, menuturkan tren jajanan yang akan ada pada tahun ini masih berkutat pada jajanan yang kekinian dengan inovasi unik. Kudapan seperti banana nugget atau jajanan yang lebih unik lainnya akan memanjakan lidah masyarakat Indonesia.

"Kalau untuk jajanan, yang akan jadi tren 2018 masih jajanan kekinian. Menurutku meski jajanan kekinian ada masanya, tapi masih akan bertahan dan akan terus ada inovasi baru lagi," ucapnya.

Serupa dengan 2017, pada 2018 ini pun akan terjadi sebuah tren jajanan. Melansir dari Business Insider, Rabu (3/1/2018), berikut makanan yang akan menjadi tren di 2018.

1. Makanan Jepang

(Foto: Shutterstock)

Makanan Jepang memang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun pada tahun ini makanan khas dari Negeri Sakura tersebut akan semakin digandrungi lagi. Miso, sup mie, dan aneka makanan Jepang lainnya akan semakin diburu oleh para pencinta makan. Masuk akal memang, mengingat selama 2017 lalu, makanan Asia memang tengah dilirik oleh para ahli masak, dan di Indonesia pun makanan Jepang sudah mulai menjamur.

2. Makanan jalanan India

(Foto: Shutterstock)

Masih berada di Benua Asia, makanan India pun diprediksi akan menjadi tren di tahun ini. Makanan-makanan panggang yang diberi saus akan memanjakan lidah Anda. Selain itu, ada juga kerang diacar jahe, sayuran, burger berbumbu, domba keema taco akan segera menyita perhatian.

Baca Juga:

3. Makanan protein nabati

(Foto: ljguitar/flickr)

Jajanan sehat juga diprediksi akan semakin dilirik oleh masyarakat. Bila tahun lalu ada puding silky yang bermanfaat untuk mengusir panas dalam, tahun ini akan ada makanan berprotein tinggi yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, atau bahkan ganggang. Penasaran?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini