nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Bau, Ini 5 Manfaat Kentut untuk Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 03:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 03 481 1839318 meski-bau-ini-5-manfaat-kentut-untuk-kesehatan-r0gqrOYx1H.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KARENA kentut, orang bisa mengolok-olok teman dan membuatnya merasa malu. Padahal kentut jadi salah satu hal yang banyak manfaatnya yang jangan diabaikan.

Dalam kebanyakan kasus, orang lebih memilih untuk menahan kentut daripada harus malu. Padahal kentut sah-sah dilakukan, tapi harus tahu momen supaya tidak mengganggu orang lain.

Kentut merupakan gas yang terbentuk di perut sebagai proses pencernaan dan pernapasan. Atau istilah lainnya dikenal dengan buang gas untuk menghindari risiko gangguan pencernaan.

Semua orang pasti mengalaminya setiap saat, tak terkecuali golongan bayi, anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Jika Anda kentut, tandanya sistem pencernaan masih normal.

Maka perhatikan dulu 5 manfaatnya bila Anda buang gas atau kentut supaya tidak salah kaprah. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (4/1/2018).

Mengurangi perut kembung

Perut kembung bisa ditandai dengan seringnya buang gas. Pembentukan gas yang tertahan di lambung bisa berubah menajdi kentut. Disarankan saat perut kembung tetap buang gas dnegan normal. Jangan ditahan karena bisa mengganggu fungsi pencernaan yang tidak nyaman.

Menurunkan nyeri perut

Distensi usus adalah hasil menahan kentut dalam waktu yang lama. Hal itu membuat Anda mengalami sakit perut dan rasa tidak nyaman di dalam tubuh. Kadang-kadang, orang yang sulit kentut bisa mengalami rasa nyeri akibat penumpukan gas di sistem pencernaan. Maka dari itu, lebih baik Anda buang gas dengan normal daripada menahannya, suapaya tidak merugikan diri

Kurangi risiko penyakit jantung

Kandungan hidrogen sulfida dari gas kentut dapat menyebabkan pencegahan kerusakan mitokondria pada sel kita. Tahukah Anda, fungsinya dapat mengurangi risiko yang berkaitan dengan stroke, arthritis, dan penyakit jantung.

Mendeteksi alergi makanan

Mungkin terdengar mengejutkan, tapi kentut bisa menentukan adanya alergi makanan di tubuh kita. Alergi seperti penyakit celiac dan intoleransi laktosa, yang meningkatkan frekuensi kembung. Jika secara tidak sengaja Anda mengonsumsi makanan seperti pemicu alergi, mungkin akan sering kentut dengan frekuensi yang tidak wajar.

Menhilangkan zat berbahaya dalam usus

Saat kentut, banyak zat yang keluar secara alami dari dalam tubuh. Hal tersebut bisa menjaga dari risiko perut kembung dan faktor pemicu lainnya. Bila kentut, wajarnya sistem pencernaan Anda masih berfungsi dengan baik. Semenatara saat kentut juga ada banyak zat buruk atau partikel yang dibuang dalam wujud detoksifikasi usus yang pasti dialami oleh siapa saja.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini