Lebih Sehat, 5 Makanan Sebaiknya Dimakan Mentah

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 298 1840086 lebih-sehat-5-makanan-sebaiknya-dimakan-mentah-hKmTfwaWNe.jpg Brokoli sebaiknya dimakan mentah (Foto:Ist)

BUKAN menjadi hal yang asing lagi, bahwa tidak semua makanan baru bisa dikonsumsi setelah melalui proses pengolahan, atau dengan dimasak.

Proses memasak sendiri, seperti disitat Ndtv, Kamis (4/1/2018) dikatakan dapat menurunkan dampak pada nilai gizi di makanan tersebut, oleh karena itu ada beberapa jenis makanan yang baiknya dikonsumsi mentah atau sedikit saja ditumis dibandingkan diolah dimasak secara keseluruhan.

Dampak pada nilai gizi bagi beberapa jenis makanan ini, disebabkan oleh paparan panas nutrisi pada saat memasak yang dapat mengubah atau mengubah hak intrinsiknya, sehingga akhirnya cita rasanya pun bisa terpengaruh. Maka dari itu mengetahui beberapa jenis makanan yang lebih baik dikonsumsi mentah daripada dimasak, tidak ada salahnya bukan? Dengan pertimbangan, memakan makanan mentah juga membuat asupan sodium dan minyak yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang, yang berarti kalori yang masuk akan lebih sedikit sekaligus menjaga jantung agar lebih sehat. Berikut daftar makanan yang bisa dipertimbangkan untuk dimakan mentah-mentah.

BACA JUGA:

Penampakan Durian Jawara, Bertekstur Kenyal, Legit Rasanya

 

1. Bawang bombay :

Bawang bombay mungkin bisa membuat mata kita berair bahkan sampai akhirnya menangis, namun yakinlah bahwa bawang bombay ini memberikan manfaat untuk kesehatan. Bawang bombay disebutkan mengandung allicin dan bioflavonoid quercetin yang dapat membantu untuk melindungi paru-paru dan mendukung kesehatan jantung.

2. Brokoli :

Brokoli hadir dengan kandungan protein, potassium, dan vitamin C. Bukan hanya itu, sayuran berwarna hijau ini juga memiliki senyawa sulforaphane yang bisa habis saat dimasak, brokoli juga kaya akan goitrin yang membantu dalam pengurangan produksi hormon tiroid.

 

3. Kelapa :

Banyak ahli gizi yang menganggap air kelapa yang diminum langsung dari kelapa lebih baik dibandingkan dengan banyak minuman olahraga kemasan. Tahukah Anda, kelapa mentah sarat akan potassium, magnesium dan sodium dan memiliki kadar elektrolit tinggi. Namun ingat, dried coconut atau kelapa yang dikeringkan tidak akan hadir dengan nutrisi yang sama, selezat apapun rasanya.

4. Paprika merah :

Untuk paprika merah, disebutkan jika semakin pedas rasanya maka semakin banyak pula kandungan vitamin C nya. Ya, sebenarnya paprika merah kira-kira mengandung 150% vitamin C dari nilai harian yang direkomendasikan. Namun, paprika merah ini juga sangat sensitif dengan panas, menurut National Institute of Health, Amerika Serikat, kandungan vitamin C ini bisa rusak jika dimasak di atas suhu 375 derajat. Itulah mengapa, kebanyakan orang akan memilih menyajikan paprika mentah atau yang hanya sebentar saja ditumis.

BACA JUGA:

Menyegarkan & Sehat, Susu Kunyit Jadi Obat Sakit Asam Lambung

5. Kacang-kacangan :

Kacang yang dipanggang atau diasinkan memang hadir dengan rasa yang enak, namun adanya rasa ini juga hadir dengan konsekuensi resiko hilangnya nutrisi yang ada di dalamnya. Selain itu juga membuat kandungan kalorinya meningkat, dan menurunkan persentase kandungan nutrisi di dalamnya seperti contohnya zat besi dan magnesium.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini