Share

Kulineran di Kota Padang, Perhatikan Dulu 5 Tips agar Perut Tidak 'Kaget'

Dewi Kania, Okezone · Kamis 04 Januari 2018 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 298 1840126 kulineran-di-kota-padang-perhatikan-dulu-5-tips-agar-perut-tidak-kaget-u1C1B8JWsC.jpg Kuliner khas Padang (Foto:Qraved)

BERKUNJUNG ke Ranah Minang sudah pasti orang mencari kuliner khasnya dengan citarasa asli. Tapi jangan mudah terkecoh dengan ekspektasi rasa enak, kalau perut tidak tahan, bisa-bisa jadi sulit menerima makanan yang dimasak dengan bumbu kaya rempah.

Hampir setiap deret tempat makan di Kota Padang menjual aneka kuliner khasnya, sehingga Anda hampir sulit menemukan tempat makan yang lainnya. Seperti Anda tahu, rata-rata kuliner di sana dimasak dengan banyak cabai dan rempah-rempah yang kuat.

Tidak hanya pada makanan beratnya, camilan khasnya juga dimasak dengan cara yang sama. Anda harus pitar pilih makanannya dan membatasi kalau perlu.

Hal itu wajib dilakukan untuk menjaga lambung agar tetap nyaman menerima aneka hidangan masakan bercitarasa pedas. Dirangkum Okezone, Kamis (4/1/2018), berikut adalah lima tips nyaman kulineran selama di Kota Padang yang bisa Anda terapkan. Penasaran seperti apa?

BACA JUGA:

Wanita Ini Memasak dengan Mulut! Jijik atau Cara Baru yang Kreatif?

Pilih restoran yang menyajikan masakan fresh

Anda boleh-boleh saja menjajal hidangan khas Minang saat baru tiba di Kota Padang. Tapi pilih restoran yang menyajikan masakan yang baru. Di sepanjang jalan memang terpampang papan restoran khas Padang yang punya menu unggulan. Mengingat masakan Minang khas dengan kuah santan, citarasa pedas dan rempah kuat yang bisa membuat lambung tidak nyaman. Hati-hati dan carilah rekomendasi orang setempat yang pasti tahu restoran mana yang punya masakan enak dan terkenal.

Hindari masakan bersantan

Kalau ingin tetap nyaman kulineran, sebaiknya hindari masakan yang bersantan. Ada berbagai sajian kuliner tidak bersantan yang tetap dimasak dengan bumbu khas Padang. Ada soto padang, sop daging, martabak mesir, nasi goreng, ikan bakar, dan sajian kuliner lainnya yang mantap dilahap.

Hindari jeroan

Saat menginjakkan kaki di Ranah Minang, rata-rata orang juga mencari kuliner yang identik dengan jeroan sapi. Awas, bisa meningkatkan kolesterol bagi yang sudah memiliki bakat. Pilih menu makan yang aman dan enak, seperti ayam, telur, ikan, sayuran dan banyak menu lain selain jeroan.

 

Tanya ke orang sekitar sebelum kulineran

Di Kota Padang banyak lokasi kuliner enak yang setiap kali dicari-cari pendatang. Kalau ragu, tanyakan dulu kepada orang sekitar, di mana lokasi restoran yang enak dan syukur-syukur tempatnya legendaris. Jangan sampai menyesal dan mengurungkan niat kulineran di Kota Padang yang sayang untuk dilewatkan.

BACA JUGA:

Mengulik Makanan dan Minuman Favorit Kim Jong Un

Tanya-tanya harga

Jangan ragu menanyakan harga makanan bila Anda membelinya di kaki lima. Apalagi kalau ingin icip-icip jajanan di sekitar Pantai Cimpago dan Jembatan Siti Nurbaya. Ada banyak jajanan seperti bakso bakar, kelapa muda, jagung bakar, sate padang dan kuliner lainnya. Kalau malu bertanya, bisa-bisa jajanan yang Anda beli dibanderol dengan harga dua kali lipat dari aslinya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini