nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Museum dengan Nama dan Konsep Unik di Jakarta, Instagramable Banget!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 04:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 04 406 1840124 4-museum-dengan-nama-dan-konsep-unik-di-jakarta-instagramable-banget-ZxsYJDRzxk.jpg Museum Macan (@museummacan/Instagram)

BANYAK kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di hari libur. Salah satunya adalah mengunjungi museum. Bagi penduduk ibukota, tahukah Anda bahwa di Jakarta ada lebih dari lima puluh museum yang bisa dikunjungi? Malah ada beberapa museum yang menawarkan konsep unik hingga namanya.

Mengutip dari berbagai sumber, Jumat (5/1/2018), inilah sejumlah museum yang memiliki nama dan konsep unik;

Museum Art Mon Décor

Nama museum yang terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3-5, Kemayoran, Jakarta Pusat ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Akan tetapi, pecinta seni rupa tentu sudah tahu bahwa Museum Art Mon Decor merupakan tempat yang menyajikan koleksi lukisan dan seni rupa hasil karya seniman Indonesia.

(Foto: @__ailled/Instagram)

Museum yang didesain oleh Martha Gunawan ini bergaya modern dan terlihat artistik. Koleksi di museum ini akan berganti setiap enam bulan sekali sehingga menghadirkan suasana yang fresh. Di museum ini juga terdapat café yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai.

Museum di Tengah Kebun

Sekilas saat membaca namanya mungkin Anda merasa aneh. Namun namanya memanglah demikian, Museum di Tengah Kebun. Museum ini berada di Jalan Kemang Timur No 66, Kemang, Jakarta Selatan.

(Foto: @museumditengahkebu/Instagram)

Terlihat seperti rumah yang dikelilingi tanaman hijau, museum ini berisi ribuan benda antik yang telah dikumpulkan oleh pendirinya, Sjahrial Djalil selama 42 tahun terakhir dan berasal dari 63 negara serta 21 provinsi di Indonesia. Benda yang dipamerkan antara lain topeng, patung, lukisan, arca, wayang, keramik, peralatan rumah tangga, hingga fosil flora dan fauna. Bagi Anda yang ingin mengunjungi museum ini harus menghubungi pihak pengelola jauh-jauh hari. Selain itu, Anda harus membawa rombongan paling 7-12 orang.

Museum Harry Darsono

Bila Anda seorang pecinta fesyen, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Harry Darsono. Museum ini terletak di Jalan Cilandak Tengah No.71, Cilandak, Jakarta Selatan. Sesuai dengan namanya, museum ini didirikan oleh perancang ternama Harry Darsono dan menghadirkan beragam koleksi hasil rancangannya. Koleksi tersebut antara lain gaun, topi, tiara, kursi, patung, lukisan, piano, hingga tea set. Berdesain baroque, museum ini hanya buka untuk umum tiga kali seminggu.

(Foto: @yaniie1215/Instagram)

Pengunjung yang datang harus membuat janji terlebih dahulu dan datang tepat waktu. Alasannya karena Harry sendiri yang akan menjadi pemandu tur mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Maka tak heran bila jumlah kunjungan dibatasi hanya 12-15 orang saja. Selain itu, nantinya pengunjung harus mengganti sepatu dengan sandal yang telah disiapkan pihak museum dengan alasan kesehatan Harry.

Museum MACAN

Museum ini memang tengah populer karena menyajikan karya seni modern dan kontemporer dari Indonesia serta internasional. Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara atau dikenal dengan nama Museum MACAN terletak di Wisma Akr, Jl. Panjang No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

(Foto: @museummacan/Instagram)

Terdapat 90 karya seni yang dipamerkan dan merupakan koleksi Haryanto Adikoesoemo, pendiri museum serta pengusaha Indonesia. Museum ini buka dari Selasa sampai Minggu dengan jam operasional pukul 10.00-19.00.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini