Mom, Jangan Sembarangan Beri Makanan Manis Pada Anak!

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 481 1839857 mom-jangan-sembarangan-beri-makanan-manis-pada-anak-n03bODDGTf.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Rasanya yang manis membuat gula disukai banyak orang, termasuk anak-anak. Sayangnya, berlebihan mengkonsumsi gula bisa menyebabkan obesitas hingga memicu diabetes.

Para ahli pun menyarankan orang tua untuk memperkenalkan gula kepada si kecil di waktu yang tepat. Lantas kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan gula atau rasa manis tersebut?

"Gula itu memiliki efek ketagihan untuk siapa saja yang memakannya. Kami saja dikasih gula doyan, gimana anak-anak? Terutama jika masih kecil. Takutnya mereka bisa kecanduan gula dan nggak mau makan makanan lain," jelas Pakar gizi Emilia E. Achmadi MS. RDN.

Emilia menjelaskan, sebaiknya orang tua yang ingin memperkenalkan gula atau makanan manis menunggu pola makan anak stabil. Demi kesehatan, pastikan anak tidak memilih-milih makanan lainnya.

"Tapi kalau mau kasih yang manis, ya kasih buah-buahan. Banyak buah yang mengandung rasa manis, lebih sehat juga dibandingkan permen atau kue dengan kadar gula yang nggak tahu berapa banyak," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini