nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Penyebab Orang Punya Kantung Mata Hitam Selain karena Kurang Tidur

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 04 481 1839935 6-penyebab-orang-punya-kantung-mata-hitam-selain-karena-kurang-tidur-Co5pwLfxPQ.jpg Ilustrasi (Foto: Sampleover)

JIKA seseorang mengalami mata panda selalu diklaim bahwa dirinya kurang tidur. Padahal ada penyebab lain yang bisa mengarah ke suatu risiko masalah kesehatan yang memburuk.

Lingkar mata hitam sangat umum dialami seseorang yang jarang disadari. Apalagi seiring bertambahnya usia, sangat tampak tandanya yang sebaiknya dapat dicegah.

Namun, tanda lingkar mata hitam jangan diabaikan, terutama bagi kaum hawa. Biasanya kantung mata hitam disebabkan oleh kurang tidur. Kurang tidur atau kelelahan berlebihan mengakibatkan kulit pucat. Maka itu membuat darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat dan tampak lebih biru atau lebih gelap.

Namun, selain karena kurang tidur ada banyak penyebab kantung mata hitam yang jarang disadari, sehingga mungkin bisa menjadi tanda awal sebuah penyakit.

Dilansir Indiatimes, Kamis (4/1/2018), berikut adalah 7 penyebab lingkar mata hitam yang selalu diabaikan. Simak ulasannya dan sebaiknya ubah gaya hidup Anda agar tidak berdampak buruk.

Terlalu sering terpapar sinar matahari

Peningkatan paparan sinar matahari dapat menarik pigmentasi permukaan kulit dan menciptakan lingkaran hitam. Paparan sinar matahari yang panjang menghasilkan lebih banyak melanin di sekitar mata daripada biasanya. Tentu ini bisa memberi warna lebih gelap. Jangan terlalu sering terkena sinar matahari karana bahayanya bisa menyebabkan penyakit kronis yang fatal dampaknya.

Perubahan hormonal

Pada wanita, kulit mengalami banyak perubahan selama fase kehamilan dan menstruasi, sehingga menyebabkan penggelapan di bawah mata. Kalau penyebab ini sulit dicegah, kecuali jika Anda mengubah gaya hidup dengan mudah mengontrol stres.

Baca Juga: Bahaya Jenis Narkoba seperti yang Dikonsumsi Jennifer Dunn)

Penuaan

Wanita yang mengalami penuaan akan tampak punya lingkar mata hitam. seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis yang membuat pembuluh darah lebih menonjol. Maka lingkaran hitam di bagian mata tak bisa dielakkan.

Kekurangan nutrisi

Saat orang mengalami mata panda bisa jadi karena gizi buruk. Mereka tidak mendapatkan makanan sehat dan bergizi yang dipenuhi vitamin seperti A, C, K, dan E. Padahal nutrisi tersebut dapat membantu menyingkirkan lingkaran hitam yang membuat penampilan Anda terganggu.

(Baca Juga: 5 Jenis Celana Jeans yang Diprediksi Bakal Jadi Tren di 2018)

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Orang-orang yang gemar menjalani pesta larut malam, dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Salah satu tandanya yakni seseorang memiliki lingkar mata hitam. Lingkaran mata gelap bisa jadi tanda hilangnya air dari tubuh alias dehidrasi, akibat minum berlebihan dan asupan minuman berkafein.

Alergi

Setiap kondisi yang menyebabkan mata terasa gatal dapat menyebabkan lingkaran lebih gelap. Karena Anda lebih sering menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata. Selain itu, beberapa alergi makanan juga bisa menyebabkan area di bawah mata tampak lebih gelap. Awasi hal ini, terutama pada kalangan anak-anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini