Ini Alasan Bayi di Bawah 6 Bulan Sebaiknya Tak Konsumsi Air Putih

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 04 481 1840263 ini-alasan-bayi-di-bawah-6-bulan-sebaiknya-tak-konsumsi-air-putih-IL2tKxk3WA.jpg Ilustrasi (Foto: Beautifulbreastfeeding)

PEMBERIAN Air Susu Ibu (ASI) pada bayi sangat disarankan sampai bayi mencapai usia 6 bulan. Dokter anak telah memperingatkan orang tua tentang bahaya memberi makan air kepada bayi yang berusia di bawah 6 bulan karena sangat merugikan kesehatan mereka.

Bayi berusia di bawah 6 bulan tidak membutuhkan air seperti yang dkonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa bahkan saat musim panas. Perlu orang tua ketahui bahwa ASI terdiri dari 88 persen air, sehingga memberikan bayi air tidak diperlukan. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh NHS Greator Glasgow dan CLYDE, ASI sangat kaya akan air dengan konsentrasi elektrolit yang rendah. Ini berarti bahwa ASI sudah cukup untuk melembabkan bayi Anda selama enam bulan pertama kehidupannya.

Danielle Stringer, seorang spesialis anak atau lebih dikenal dengan KidNurse menjelaskan alasan orangtua harus menghindari memberikan makanan selain ASI kepada bayi di bawah usia 6 bulan. Jika bayi terlalu banyak diberi air, bisa mengakibatkan keracunan air atau intosikasi yang dapat menyebabkan kematian.

“Intosikasi air adalah proses yang terjadi saat bayi diberi terlalu banyak air dan akhirnya kemudian menyebabkan pelebaran sodium (garam) dalam tubuh,” tutur Stringer seperti dilansir Independent, Jumat (5/1/18).

ASI atau susu formula sudah mengandung segala cairan yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Jika bayi diberi makanan yang tidak tepat sebelum waktunya, seperti air, maka tubuh mereka akan bekerja lebih keras karena sel-selnya membutuhkan lebih banyak air. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh terutama otak yang bisa berakibat kejang, koma, atau kematian otak.

Baca Juga:

Stringer memberikan rincian bahwa semua dapat terjadi jika keracunan air dialami sang bayi. Untuk menghindari hal tersebut, ia pun memberikan saran lebih lanjut di situs KidNurse tentang apa yang harus dilakukan orang tua untuk memastikan kesehatan bayi tetap optimal.

Tips dari Stringer dapat diikuti oleh semua orangtua dengan membawa bayi mereka melakukan pemeriksaan berat badan secara teratur, percaya diri dengan kemampuan menyusui masing-masing ibu, mengikuti petunjuk tentang formula secara akurat, dan lebih berhati-hati memberikan makanan selain ASI kepada bayi usia sebelum 6 bulan.

Stringer menasehati agar bayi yang berumur enam bulan seharusnya hanya mengonsumsi dua ons air dalam 24 jam begitu seterusnya sampai ulang tahun pertama mereka. Namun, para orang tua juga harus selalu meminta saran kepada dokter professional tentang apa yang paling tepat untuk kesehatan bayi mereka.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini