nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pusing Jalani Hidup? 5 Sifat Balita Ini Sebaiknya Ditiru Orang Dewasa

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 00:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 05 196 1840722 pusing-jalani-hidup-5-sifat-balita-ini-sebaiknya-ditiru-orang-dewasa-yNPOy3Anhr.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)

PERNAHKAH Anda mengeluarkan kata-kata “Rasanya ingin kembali ke masa kecil” saat menjumpai masalah yang membuat pusing? Ya, bila menilik ke belakang, masa kecil adalah masa-masa membahagiakan karena masalah yang dihadapi tergolong ringan. Maka tak heran bila hal itu membuat iri.

Bila Anda sedang pusing menghadapi satu masalah, sebenarnya jangan membayangkan untuk kembali ke masa kecil. Akan tetapi, terapkanlah sifat anak balita dalam kehidupan sehari-hari agar Anda lebih mudah menghadapi masalah. Melansir Tentree, Minggu (7/1/2018), berikut sifat anak balita yang perlu ditiru:

Selalu gembira

Saat melihat anak balita, Anda tentu akan lebih sering melihat mereka gembira dan tertawa. Kalau pun ada masalah seperti berebut mainan atau makanannya diambil, tak butuh waktu lama bagi mereka untuk merasa senang lagi. Mereka dengan mudah menemukan hal lain untuk menjadi perhatian. Sifat selalu gembira ini sebenarnya dibutuhkan dalam kehidupan orang dewasa. Pasalnya sebagai seorang profesional, orang dewasa membutuhkan fokus yang tinggi dan keseriusan.

Bila hal ini terus-terusan berlangsung tentu akan membuat pikiran menjadi kalut. Maka dari itu, cobalah sesekali untuk tidak terlalu memikirkan sesuatu dan berkumpul dengan orang-orang yang membuat Anda tertawa. Dengan begitu Anda akan diliputi perasaan gembira walau hanya sejenak.

Jujur

Saat sudah dewasa, tak jarang masalah yang Anda temui disebabkan karena tidak bisa jujur pada diri sendiri maupun orang lain. Hal itu tentu membuat Anda merasa tertekan. Cobalah untuk mencontoh sifat anak balita yang selalu berkata jujur tentang perasaannya dan hal yang membuatnya merasa tidak nyaman kepada orang lain. Dengan begitu mereka lebih mudah untuk menghadapi hal-hal yang terjadi. Bila Anda menerapkan sifat tersebut, bukan tidak mungkin Anda merasa lebih mudah menyelesaikan masalah.

Cuek

Tanpa Anda sadari, masalah sebenarnya bisa datang dari dalam diri sendiri. Bisa jadi Anda terlalu takut untuk mengambil risiko dan menghadapi hari esok. Atau bisa juga Anda menyesali perbuatan yang Anda lakukan di masa lalu sehingga memikirkannya berlarut-larut. Cobalah sesekali untuk bersikap cuek. Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang Anda takuti atau sesali.

Pikirkanlah hal yang membuat Anda senang pada saat itu dan lakukan. Ini adalah sifat khas anak balita yang tidak memikirkan masa lalu atau fokus berpikir jauh ke depan. Mereka menerima hal-hal yang dihadapi sebagaimana adanya. Anak balita tidak mencoba dan mengendalikan hal-hal yang tidak mereka sukai. Mereka juga tidak menganggap permasalahan sebagai sesuatu yang rumit. Malah mereka akan mencoba berfokus ke hal lain yang menyenangkan hatinya.

Baca Juga:

Imajinasi tinggi

Anda tentu tahu bahwa anak kecil memiliki daya imajinasi yang tinggi. Tak jarang apa yang mereka inginkan terlihat tidak masuk akal. Akan tetapi, hal itu membuat mereka tidak terlalu memikirkan masalah yang tengah dihadapi. Imajinasi itu malah membuat mereka merasa bersemangat untuk menjalani hari. Hal seperti inilah yang harus Anda tiru. Mungkin Anda bingung dengan masalah yang dihadapi. Tapi dengan memiliki mimpi dan tujuan atas masalah tersebut, Anda mungkin bisa menyelesaikannya dengan baik. Mimpi juga membuat Anda tidak hanya berfokus pada masalah, tapi pada hal lain yang bisa Anda raih.

Tidur cukup

Banyak orang yang kurang tidur karena memikirkan suatu masalah. Hal itu malah membuat mereka menjadi stres dan berujung pada jatuh sakit. Kondisinya tentu akan menjadi lebih parah karena bukan hanya mental, tetapi fisik juga menjadi bermasalah. Coba lihat anak balita yang menghadapi masalah.

Mereka bisa dengan cepat melupakannya atau kalaupun masih dipikirkan tidak akan mengganggu waktu tidurnya. Mereka akan tetap tidur dan bangun sesuai jadwal sehingga waktu tidurnya cukup. Waktu tidur yang cukup memang memiliki sejumlah manfaat. Pertama, Anda bisa menenangkan diri sebentar dengan tidak memikirkannya. Kedua, Anda akan bangun dalam keadaan lebih segar sehingga lebih mudah menemukan jalan keluar untuk masalah yang dihadapi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini