Lezatnya Menyantap Salad dengan Gorengan Bakwan Jagung

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 05 298 1840493 lezatnya-menyantap-salad-dengan-gorengan-bakwan-jagung-1vtMwjwFdW.jpg Salad berpadu dengan gorengan bakwan jagung (Foto:Ilustrasi/Ist)

MENYANTAP gorengan menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia. Bakwan, salah satunya, menjadi jenis gorengan yang familier dimasak di dapur sehari-harinya.

Meskipun sederhana, gorengan bakwan sebenarnya bisa dikreasikan dengan bahan tambahan lain sehingga rasanya makin menggugah selera. Dalam cooking class bersama Chef Chandra Yudasswara, sajian bakwan ini pun memiliki ide disajikan bersama salad buatan rumahan. Lewat menu bakwan udang jagung mixed salad, Chef Chandra menambahkan kesegaran rasa lewat racikan saus pada saladnya.

Pertama sekali adonan bakwan yang terdiri dari tepung terigu, dicampur juga dengan telur agar rasanya lebih gurih dan hasilnya renyah. Selain itu, irisan jagung manis akan membuat bakwan menjadi renyah dan empuk setelah digoreng.

Tambahan lainnya masukkan udang agar semakin bergizi. Menambah cita rasa pada adonan bakwan, tambahkan juga irisan daun bawang secukupnya. “Jumlah telurnya sesuaikan dengan selera, saya biasanya memakai 1 butir untuk ukuran 250 gram terigu,” sebut Chef Chandra.

Setelah semua adonan dicampur rata, tambahkan bersama kaldu sampai kepadatan adonan sesuai untuk digoreng. Panaskan minyak di penggorengan, dalam suhu yang sudah tepat, selanjutnya masuk pada tahap penggorengan adonan satu per satu sampai matang berwarna kekuningan. Angkat lalu tiriskan.

BACA JUGA:

5 Aturan Olahraga yang Nyaman bagi Ibu Hamil

Kemudian untuk dressing salad, Chef Chandra menggunakan mustard dengan manggo flavour , tambahan rumput laut powder , berikut tambahan satu sendok madu agar rasanya seimbang antara tingkat keasaman dan ada rasa manisnya, menjadi segar berpadu jenis-jenis sayuran salad.

Tata dengan apik sajian bakwan udang jagung bersama sayuran salad yang telah dicampur saus racikan tadi. Bakwan udang jagung mixed salad pun siap disajikan. Saus untuk memberi rasa berbeda pada bakwan pun masih bisa dikreasikan dengan bahan lain. Misalnya bila tak terlalu suka mustard , maka saus mayones dengan bubuk cabai sudah dapat menjadi campuran sederhana cocolan bakwan.

Variasi bakwan lainnya masih banyak ditemukan. Ada yang memiliki campuran ayam, selain udang. Bahan yang memberi rasa kunci pada bakwan adalah penggunaan irisan daun bawang. Adapun bakwan, secara sederhana hanya dibuat dari adonan terigu dengan tambahan sayursayuran seperti daun bawang, taoge, wortel dan irisan kol. Sangat mudah menemukan bakwan di berbagai sudut jalanan yang menjual gorengan.

Nah jajal bikin yuk bakwan udang yang lezat dan menggugah selera. Dikutip dari buku Sajian Bakwan & Perkedel karya Lilly T. Erwin, berikut resep lengkap bakwan udang yang siap tenangkan perut saat cuaca dingin melanda. Santap bersama teman atau keluarga yuk.

BACA JUGA:

Ada Kuburan di Tengah Jalan, Siap-Siap Merinding saat Melintas!

Bahan-bahan

125 gr tepung terigu protein sedang

25 gr tepung beras

150 gr udang, kupas, potong kasar

3 lembar kol, iris halus

100 gr wortel, potong korek api

25 gr tauge

1 batang daun bawang, iris halus

1 tangkai seledri, iris halus

4 buah cabai rawit merah, iris serong

300 ml air

1 butir telur

1 buah jagung manis pipil

Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus

2 siung bawang putih

4 butir bawang merah

2 butir kemiri, sangrai

1 sdt ketumbar

1/2 sdt merica

Garam secukupnya

1/2 sdt gula pasir

Cara membuat

1. Campur semua bahan dan bumbu halus, aduk hingga rata;

2. Panaskan minyak dengan api sedang, sendokkan adonan bakwan secukupnya. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan.

3. Sajikan hangat dengan tambahan cabai rawit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini