nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketika Nyeri saat Haid Atasi dengan Pisang! Juga 6 Makanan Lainnya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 18:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 05 298 1840736 ketika-nyeri-saat-haid-atasi-dengan-pisang-juga-6-makanan-lainnya-ViIoqGMApt.jpg Pisang untuk atasi nyeri haid (Foto:Wikicek)

 

KETIKA  menstruasi ada sebagian wanita yang merasakan nyeri di bagian perut hingga ke pinggang. Untuk mengatasinya selain berolahraga bisa juga dengan konsumsi makanan tertentu.

Apalagi setiap menstruasi wanita selalu lapar dan ingin ngemil. Maka itu, tak ada salahnya memilih camilan sehat dan bergizi agar tetap kenyang tapi tak bikin gendut.

Ada berbagai jenis makanan yang juga sebenarnya selalu Anda makan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pisang dianggap ampuh mencegah kram.

Dilansir Bustle, Jumat (5/1/2018), berikut adalah 7 makanan yang mudah dicari untuk mengatasi dan mencegah nyeri haid. Yuk cari tahu, Ladies!

BACA JUGA:

Perokok Wanita Miliki Risiko Kematian Dini 2 Kali Lipat Lebih Besa daripada Pria

Air putih

Minum air putih diperlukan agar tubuh tidak dehidrasi dan fungsi metabolismenya tetap normal. Air putih dapat membantu mengatasi kembung dan kram. Minum air putih lebih bermanfaat dan lebih baik mengatasi daripada memilih aneka suplemen seperti jamu instan.

Dark chocolate

Dark chocolate menjadi pilihan camilan sehat dan rendah gula. Kandungan cocoa dalam makanan ini bisa berfungsi sebagai pereda kram alami. Dark chocolate bisa menenangkan rasa kram dengan membuat otot lebih rileks.

Pisang

Sama seperti makan pisang setelah Anda berolahraga, memakannya saat menstruasi juga bisa membuat otot rahim jadi lebih tennag. Ini adalah cara yang bagus dan efektif untuk mencegah kram menstruasi yang mudah dilakukan.

Nanas

Ada vitamin dalam nanas yang benar-benar mengendurkan otot Anda untuk mengatasi kram. Ditambah lagi buah ini memiliki bonus tambahan untuk meningkatkan mood Anda. Makanlah nanas saat sedang haid, pasti rasa kram tidak menghantui Anda, sehingga tetap nyaman beraktivitas.

Salmon

Ikan salmon kaya akan omega 3 dan vitamin D. Keduanya membantu melawan kram yang menyakitkan karena sifatnya sebagai anti-inflamasi. Di saat masa PMS coba makan ikan salmon baik itu diolah menjadi sashimi atau olahan makanan lain dari ikan yang segar.

BACA JUGA:

Alkohol Sebabkan Kerusakan DNA yang Berpotensi Menjadi Kanker

Teh

Secangkir teh hijau atau teh chamomile secara khusus akan menenangkan pikiran, tubuh, dan mental. Saat menstruasi Anda harus rajin minum teh agar tidak kram menstruasi. Coba minum setiap pagi agar tubuh tetap bugar dan merasa rileks sepanjang hari.

Yoghurt

Makanan yang kaya kalsium juga akan membantu mengurangi rasa sakit kram. Anda sekarang punya ide sarapan yang sehat di saat kram. Agar semakin mantap, tambahkan potongan buah segar saat makan yoghurt. Cara ini tak cuma bikin perut kenyang, tapi juga bisa mencegah nyeri haid.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini