nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perdalam Wawasan Sejarah Alkitab di Museum Biblika Jakarta

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 15:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 406 1840608 perdalam-wawasan-sejarah-alkitab-di-museum-biblika-jakarta-vGuUTVKHuN.jpg Museum Biblika atau Museum Alkitab (Foto:Ig/@shantyliawan)

MENDENGAR nama museum yang satu ini Anda mungkin akan merasa asing. Museum Biblika atau museum alkitab memang tergolong museum baru yang ada di kawasan Jakarta.

Musuem Biblika merupakan museum yang masih jadi bagian dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan baru diresmikan belum lama ini.

Berada di kawasan Jakarta yang dipadati oleh kaum urban tidak serta merta membuat museum yang masih tergolong baru tersebut ramai pengunjung. Pasalnya, nama museum belum terlalu dikenal masyarakat Jakarta dan sekitar.

BACA JUGA:

Benteng Moraya, Destinasi Wisata Minahasa yang Sarat Sejarah

Padahal, museum alkitab dibuat dan terbuka untuk umum, dengan tujuan agar umat Kristiani dan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan akan informasi dalam bidang biblika atau kealkitaban. Dengan berdirinya Museum Biblika juga diharapkan setiap umat beragama semakin mengerti akan toleransi dan perbedaan agama.

 

Bagi para orangtua dan pengajar yang ingin mengenalkan sejarah dan masyarakat yang ingin mempelajari sejarah Alkitab, maka museum tersebut jadi tempat yang tepat. Museum berisi aneka versi Alkitab dalam berbagai bahasa, sejarah lengkap, kebudayaan pada masa penulisan Alkitab, dan perpustakaan yang dilengkapi dengan saluran internet nirkabel alias wifi.

Museum Biblika bisa jadi tempat yang menarik untuk dihabiskan ketika akhir pekan bersama keluarga sepulang beribadah di gereja. Berada di Gedung Pusat Alkitab, Jalan Salemba No.12, Jakarta Pusat, berdampingan dengan gedung Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dan mengeluarkan uang hanya Rp3.000 perorang, Anda dan keluarga sudah bisa belajar dan mendalami sejarah Alkitab beserta kebudayaannya.

BACA JUGA:

Keindahan Curug Citambur yang Ternoda Jalan Berlubang dan Sempit

Dengan mengunjungi Museum Biblika, maka Anda secara tidak langsung telah melestarikan sejarah dan mengenalkannya pada generasi penerus. Anda tidak perlu khawatir anak-anak akan merasa bosan ketika berada dalam museum, sebab penyampaian informasi yang disediakan oleh museum cukup mudah, santai, dan menyenangkan. Sehingga, pengunjung bisa lebih menikmati kunjungan sambil menambah wawasan.

Tidak hanya itu saja, ketika berada di museum pun Anda akan menjumpai Alkitab terbesar di Indonesia yang tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), Alkitab terkecil, koleksi barang-barang warisan masa lalu yang dipajang dalam lemari kaca (vitrin), dan membaca buku di perpustakaannya yang nyaman. Jadi, tunggu apa lagi? Museum Biblika bisa dikunjungi pada Senin-Jumat pada 08.00-16.00 WIB, Sabtu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, dan tutup setiap Minggu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini