nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perokok Wanita Miliki Risiko Kematian Dini 2 Kali Lipat Lebih Besar daripada Pria

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 05 481 1840598 perokok-wanita-miliki-risiko-kematian-dini-2-kali-lipat-lebih-besa-daripada-pria-idJxrZ0RWT.jpeg Ilustrasi (Foto: Drslack)

TAK sedikit wanita milenial punya kebiasaan merokok. Padahal bila dipikir-pikir dampaknya bisa mengganggu masa depannya, salah satu yang paling merugikan yakni sulit memiliki keturunan.

Karena itu, di awal tahun seharusnya Anda berjanji untuk tidak merokok lagi dengan alasan kesehatan. Ada banyak bahaya yang mengintai, namun tak juga disadari oleh mereka.

Justru bahayanya lebih fatal dialami oleh wanita daripada pria. Karena wanita punya sistem hormonal yang membuat metabolisme tubuhnya gampang terganggu, sehingga mudah sakit.

Dilansir Timesofindia, Jumat (5/1/2018), berikut adalah beberapa bahaya yang dijelaskan para ahli jika Anda terus-menerus merokok. Simak ulasannya supaya bisa memulai untuk berhenti merokok dan instropeksi diri sendiri.

Dua kali lipat menderita kanker paru

Seorang wanita yang merokok dua kali lebih mudah menderita kanker paru di usia tua. Risiko ini lebih besar darpada laki-laki. Sebuah penelitian di New York menyerbutkan, tubuh pria dan wanita bereaksi terhadap karsinogen dalam rokok secara berbeda. Sementara, pria mungkin mengeluarkan melalui urine. Sementara pada tubuh wanita mengubahnya menjadi zat karsinogenik.

Tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Sebuah studi yang diterbitkan di Lancet mengatakan, wanita yang merokok 25% lebih mudah menghadapi penyakit kardiovaskular. Risiko penyakit jantung itu bisa cepat dialamo oleh wanita dibandingkan pria. Karena itu, Anda harus mulai berhenti merokok dan mencoba hal lain untuk mengalohkannya.

Efek yang lebih kuat pada arteri

Studi lain yang berbasis di Eropa juga menemukan bahwa ketika wanita dan pria terpengaruh dengan jumlah paparan tembakau yang sama, ketebalan dinding arteri karotis wanita dipengaruhi lima kali lebih buruk daripada pria. Hal ini sangat mudah melemahkan organ jantung yang sebaiknya bisa berfungsi normal. Jangan abaikan kebiasaan merokok karena bisa sebabkan seranga jantung mendadak.

Risiko lahirkan anak cacat

Ketika terbiasa merokok sampai Anda berhasil hamil, tetap saja menanggung risikonya. Di awal kehamilan Anda mudah keguguran. Kalaupun berhasil hingga 40 minggu, dampaknya bisa sebabkan bayi lahir cacat atau malah prematur. Tentu hal ini dampaknya sangat fatal bagi janin dalam kandungan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini