Lindungi Anak, Kenali Tanda-Tanda Seseorang Idap Pedofil

Helmi-Utami, Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 06 196 1841105 lindungi-anak-kenali-tanda-tanda-seseorang-idap-pedofil-R3plQwxWKu.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

KASUS pedofilia di Tangerang terbongkar dengan korban yang telah mencapai sebanyak 41 anak. Sudah sepatutnya para orangtua lebih waspada terhadap ancaman pedofilia yang mungkin dekat dengan lingkungan anak.

Karena, pelaku pedofil bisa saja orang terdekat dengan anak. Baik dekat secara keluarga, maupun dekat dalam arti berada dalam lingkungan yang sama.

Maraknya kejahatan seksual pada anak membuat banyak orang khawatir. Sebagai orangtua, Anda perlu mengawasi anak dan memperhatikan siapa saja yang berpotensi menjadi pelaku pedofil.

Dilansir dari News, Sabtu (6/1/2018), berikut beberapa tanda pedofil yang harus Anda perhatikan:

Kerabat dekat

Bisa juga pelaku datang dari kerabat dekat, seperti ayah tiri, pama, kakek, hingga kekasih ibunya. Jadi Anda harus menaruh perhatian penuh pada kerabat terdekat yang berpotensi menjadi pelaku pedofil, meski tidak semuanya akan melakukan hal keji.

Paling sering pria

Pelaku pedofil bisa siapa saja. Jangan tertipu dengan penampilan seseorang, jabatan, atau posisinya di masyarakat. Para pedofil hampir selalu pria, lebih sering pria dewasa yang sudah menikah dan berbagai latar belakang pekerjaan. Yang harus Anda curigai adalah pria-pria dewasa yang hanya bersikap baik pada anak-anak dan tidak pada orang dewasa. Pria dengan sangat sedikit teman namun selalu bersikap manis dengan anak-anak juga bisa Anda curigai.

Pria yang bertemu hampir setiap hari

Pelaku pedofil selalu berusaha menemukan cara untuk berada di sekitar anak-anak sesering mungkin. Sehingga mereka akan mengambil pekerjaan paruh waktu yang memungkinkan dia dekat dengan anak-anak, seperti pelatih olahraga, pekerja tempat penitipan anak, dan lainnya.

Pemberi hadiah

Waspadalah jika anak Anda sering menerima hadiah dari pria dewasa tak dikenal. Para pedofil sering merayu anak-anak menggunakan hadiah atau uang. Jika Anda mengetahui tanda-tanda ini, segera ambil tindakan.

Senang mengumpulkan gambar anak-anak

Pelaku juga bisa dari orang-orang yang mengoleksi foto atau video anak-anak. Meski koleksi tersebut memperlihatkan anak-anak dengan penampilan sopan dan tak ada yang mencurigakan. Namun, di balik itu, mereka juga akan menyimpan gambar dan video anak-anak berbau pornografi dan mengarahkan mereka pada tindakan kejahatan seksual yang memakan korban anak-anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini