Image

Waspada Ancaman Pedofilia, Ini Tips Lindungi Anak dari Pelaku Pedofil

Helmi-Utami, Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018, 17:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 06 196 1841110 waspada-ancaman-pedofilia-ini-tips-lindungi-anak-dari-pelaku-pedofil-dYv4YZPaUx.jpg Ilustrasi (Foto: Thespruce)

DITANGKAPNYA WS alias Babeh warga Tangerang Banten oleh kepolisian pada 4 Januari 2018 kembali membuka tabir kasus pedofilia di Indonesia. Modus pelaku mengaku mempunyai ajian semar mesem yang bisa mengobati penyakit anak-anak, asalkan rela dicabuli sebagai syarat.

Sampai saat ini. korban pencabulan WS dilaporkan telah mencapai 41 anak. Hal ini tentu bisa membuat masyarakat cemas akan ancaman para pelaku pedofilia.

Perlu dicatat oleh orangtua, pelaku pedofil bisa saja orang terdekat korban. Jadi orangtua harus memantau anak dan lebih peka terhadap apa pun yang terjadi pada anak-anak.

Dilansir dari Checkupnewsroom, Sabtu (6/1/2018), inilah beberapa cara menghindarkan anak dari pedofil:

Orangtua harus memastikan anak tidak pergi sendiri

Pelecehan seksual pada anak bisa terjadi ketika mereka sendirian. Ketika mereka berada di dalam mobil bersama pelaku, di sebuah lorong, ruang kosong, dan tempat yang tersembunyi. Pastikan anak-anak tidak pergi ke tempat yang gelap dan jauh dari pantauan. Katakan pada mereka bahwa pergi ke tempat gelap dan tersembunyi dapat membahayakan mereka. Jika memang harus pergi ke tempat jauh dan sepi, ajak orangtua atau kakaknya untuk menemaninya.

Baca Juga: Lindungi Anak, Kenali Tanda-Tanda Seseorang Idap Pedofil)

Orangtua harus minta bantuan institusi

Orang dewasa yang tidak dikenal seharusnya tidak berhubungan dengan anak-anak melalui pesan, telefon, maupun bertemu secara pribadi. Pastikan institusi di tempat Anda seperti sekolah, tempat penitipan anak, dan pusat kebugaran melarang komunikasi antara anak-anak dan orang dewasa yang tidak dikenal. Apalagi jika mereka mengobrol berdua saja. Katakan pula seharusnya tidak ada ruangan yang tertutup atau terkunci.

(Baca Juga: Hukuman Penjara dan Kebiri Tak Membuat Jera Predator Seks! Coba dengan Cara Ini)

Ajarkan anak penyebutan yang benar pada area pribadi

Ajarkan kepada anak Anda tentang penyebutan yang benar pada bagian tubuh pribadi. Seperti penis, payudara, puting, vagina, dan sebagainya. Sehingga ketika dia menunjuk vagina dan menyebutnya "cookie" atau kue manis, cari tahu siapa yang mengatakan itu padanya. Karena ini bisa jadi indikasi bahwa seseorang telah merayunya dengan mengatakan sebuah hal yang manis tentang vaginanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini