nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandan Diprediksi Jadi Tren Makanan Dunia 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018 11:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 06 298 1841026 pandan-diprediksi-jadi-tren-makanan-dunia-2018-vg7PGHKnMc.jpg Pandan diprediksi jadi tren makanan di 2018 (Foto: News.com)

PANDAN menjadi salah satu tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Aromanya yang khas membuat daun yang satu ini kerap digunakan dalam masakan Indonesia.

Sederet masakan, seperti kue lapis pandan, kue cubit pandan, pancake pandan, ayam goreng pandan, hingga minuman seperti jus daun pandan, teh daun pandan, hingga es cincau sirup gula pandan sudah cukup akrab di lidah orang Indonesia. Namun, aroma khas pandan nyatanya semerbak hingga ke penjuru dunia, seperti Amerika Serikat.

Ya, salah satu ahli masak belum lama ini telah tertarik untuk menyertakan pandan dalam tiap masakannya. Bahkan, menurutnya masakan daun pandan akan jadi tren di tahun ini. Seperti yang dilansir dari laman resmi News, Sabtu (6/1/2018), chef yang kemudian diketahui bernama Nigella Lawson tersebut telah menggunakan daun pandan ketika membuat makanan penutup berupa agar-agar awal 2018.

"Saya melihat semakin banyak orang di Amerika yang menggunakan ensensi pandan," ucap Lawson yang juga masih merasa kebingungan di mana ia bisa menemukan pandan di supermarket Inggris.

(Baca Juga: Kisah-Kisah Bayi Ajaib yang Bikin Gempar Masyarakat)

Tidak hanya Nigella Lawson, Palisa Anderson, seorang co-owner sebuah kafe, menuturkan, kafenya telah menyajikan croissant dan kue tart dengan paduan pandan. Lebih lanjut, ia juga menuturkan, pelanggan menyukai pastry dan kue tersebut karena rasanya menyurupai vanilla, sehingga tidak terlalu kentara beda rasanya dilidah pelanggan.

"Daun pandan ini memiliki aroma yang khas, bila Nigella menggunakannya sebagai penyedap, maka kami menggunakannya untuk pewarna makanan," ucap Palisa Anderson.

Lanjut Palisa, koki kini telah melakukan berbagai cara yang kreatif dengan menggunakan pandan dalam kreasi masakannya. Selain itu, ternyata penggunaan daun pandan di Indonesia dengan negeri barat sedikit berbeda, karena di sana pandan cenderung dimasukan dalam makanan pencuci mulut. Sementara Indonesia juga memasukan daun pandan dalam beberapa masakan tradisional.

(Baca Juga: Bukan Gadget, Ini 5 Pilihan Mainan Paling Edukatif untuk Balita)

Kekhasan pandan membuatnya kini mulai dilirik dan dicandu oleh koki serta penikmat kuliner barat maupun Asia. Pasalnya, restoran Thailamd di Fairfield menyajikan pandan creme brulee dan nasi pandan tradisional dengan saus kelapa dan pandan.

Di sisi lain, di kawasan CBD, ada sebuah kafe bernama Blaq Pig yang terinspirasi masakan Indonesia. Restoran tersebut menyajikan pancake pandan. Thailand Doo Dee Paidang di Haymarket juga punya menu goreng pisang dan custard pandan hangat. Mantap!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini