Selebriti Wanita yang Hadiri Golden Globes 2018 Bakal Pakai Busana Hitam, Ini Alasannya

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 07 194 1841349 selebriti-wanita-yang-hadiri-golden-globes-2018-bakal-pakai-busana-hitam-ini-alasannya-GQUamXcqkX.jpg Gaun Hitam (Foto: Thesun)

AJANG Golden Globes akan diselenggarakan pada Januari ini. Dalam gelaran tahunan tersebut akan ada pemandangan berbeda dari biasanya yang bakal disuguhkan. 

Ya, karpet merah Golden Globe Awards yang sebelumnya tampak glamor dan meriah oleh parade busana warna-warni, tahun ini akan dipenuhi dengan deretan tamu wanita yang menggunakan busana hitam. Ada apa gerangan?

Seperti diketahui, industri hiburan dan perfilman Hollywood tahun lalu telah dihebohkan dengan berbagai laporan kasus pelecehan seksual. Sebagian besar korbannya merupakan wanita dan beberapa di antaranya merupakan aktris.

Pelecehan seksual tersebut dilaporkan banyak dilakukan oleh para pria yang berkuasa di industri hiburan, seperti Harvey Weinstein, Louis C.K., hingga Matt Lauer. Sejumlah korban pun telah melaporkan peristiwa kurang menyenangkan kepada pihak yang berwajib.

Hal inilah yang kemudian menginisiasi Time's Up, sebuah gerakan yang diluncurkan sejumlah perempuan yang bekerja di industri perfilman, televisi, dan teater (di dalamnya terdapat aktris, sutradara, produser, dan agensi). Gerakan yang didukung pula oleh nama aktris besar, seperti Eva Longoria dan Reese Witherspoon ini bertujuan sebagai perlawanan terhadap pelecehan seksual yang sistemik di industri hiburan.

Untuk mendukung gerakan tersebut, para tamu wanita yang akan hadir di gelaran Golden Globes 2018 akan melanjutkan pesan melalui penggunaan busana warna hitam. Busana hitam dipilih sebagai bentuk protes atas penyerangan dan pelecehan seksual kepada wanita.

Meski begitu, belum diketahui pasti siapa saja tamu atau nominator yang akan menggunakan busana hitam. Beberapa pesohor Hollywood, seperti Meryl Streep, Jessica Chastain, Emma Stone, Nicole Kidman, hingga Reese Witherspoon, dipastikan akan memilih busana hitam.

 Jennifer Aniston wears a plunging black gown to 2004's ceremony

erkait aksi 'serba hitam' ini, sejumlah desainer pun bekerja keras untuk menyiapkan berbagai busana serba hitam untuk para selebriti. Mulai dari memodifikasi hingga menambahkan detail di setiap busana.

"Permintaan yang datang sejauh ini meminta warna hitam," ujar seorang desainer kepada Hollywood Reporter.

"Kami harus memotong ulang dua busana dan mengubahnya menjadi hitam," tambah desainer Christian Siriano.

Tak hanya selebriti wanita, beberapa aktor pria pun ada yang akan menggunakan busana hitam sebagai bentuk solidaritas terhadap gerakan 'serba hitam'. Hal ini dikemukakan oleh stylist asal New York Michael Fisher, yang mendandani nominee Golden Globes 2018 Hugh Jackman dan Sam Rockwell.

"Aku rasa mayoritas pria akan memilih warna aman, yaitu suit hitam dan kemeja putih," kata Michael, seperti dilansir TheSun, Minggu (7/1/2018).

 Lady Gaga wows in a velvet, off-the-shoulder gown at the 2016 awards

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini