nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinilai Rasis, Foto Katalog Sweater Brand Ternama Ini Jadi Kontroversi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 19:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 08 194 1841913 dinilai-rasis-foto-katalog-sweater-brand-ternama-ini-jadi-kontroversi-S9EOSGRst3.jpg Foto katalog H&M yang diprotes (Foto: H&M)

SESUATU sedang terjadi di media sosial. Jika Indonesia sedang ramai penyebaran surat cerai Basuki Tjahaja Purnama dengan istrinya Veronica Tan, di luar negeri, foto koleksi brand H&M menjadi buah bibir banyak pihak.

Kontroversi ini terlihat nyata ketika seorang anak kecil berkulit hitam dijadikan model brand tersebut. Bukan karena masalah anak berkulit hitam yang jadi model, tetapi apa yang dia kenakan di katalog tersebut yang kemudian memancing reaksi netizen dunia.

Bocah laki-laki itu mengenakan sweater berwarna hijau dengan tulisan di bagian dadanya, “Coolest Monkey in The Jungle” yang berarti ‘monyet paling keren di hutan’. Sontak setelah foto itu tersebar di media sosial, banyak orang yang menganggap bahwa H&M telah merendahkan orang kulit hitam dengan tulisan di baju tersebut.

 (Baca Juga: Ikan Goreng Hidup Kembali Ketika Hendak Disantap, Pengunjung Histeris)

Laman Blacksportsonline pun ikut memberitakan masalah ini. Di website tersebut dituliskan, setelah foto ini beredar bebas di media sosial, Anda akan sadar bahwa H&M telah melakukan penghinaan pada orang kulit hitam. Banyak netizen yang menganggap H&M wajib memberikan pernyataan resmi dan meminta maaf pada orang berkulit hitam.

Terkait dengan pernyataan netizen, Okezone coba menangkap beberapa komentar tersebut. Salah satunya datang dari akun Twitter @CharlesMBlow yang menuliskan, “H&M sepertinya sudah kehilangan pikirannya!” Lalu, ada juga akun @ebabykobby yang menuliskan komentar, “Siapa pemilik ide bodoh ini?”.

“Orang yang memiliki ide ini mesti dipecat dari pekerjaannya dan meminta maaf kepada dunia atas apa yang dia lakukan,” tulis @jeffstaple di kolom komentar. Ada juga netizen yang akhirnya menyatakan sikap, “Saya block brand ini dari kehidupan saya dan saya rasa itu pantas untuk dilakukan,” tegas @PresidentDorsey.

(Baca Juga: 3 Bocah di Bandung Jadi Korban Pedofilia, Menteri Yohana Perintahkan Segera Direhabilitasi)

Kekecewaan itu juga menyebar di Facebook. Akun Real STL News membagikan postingan tersebut dan menyita perhatian juga. Salah satunya datang dari pemilik akun Facebook Al Elaine. Dia coba mengambil perspektif yang berbeda. Menurut Elaine, orangtua si anak seharusnya bisa memahami apa yang bakal terjadi kepada anaknya dan memberitahu H&M atas apa yang telah diberikan ke anaknya.

“Seharusnya orangtua si anak memahami betul baju apa yang bakal dikenakan si anak. Mereka tidak bisa asal dan sebaiknya memberitahu pihak H&M untuk memikirkan kembali untuk mengiklankan baju tersebut,” tulisnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini