nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalau Sudah Paham Hal Ini, Berarti Anda Sudah Siap Menikah

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 14:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 196 1841701 kalau-sudah-paham-hal-ini-berarti-anda-sudah-siap-menikah-QLSRmxSJ4E.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Setiap orang tentunya ingin menikah. Hal tersebut seperti keinginan mutlak dari setiap orang yang ada di dunia. Namun, menikah bukan urusan yang mudah, apalagi jika dijalani tanpa adanya persiapan. Mulai dari persiapan fisik hingga mental sangat penting untuk diperhatikan. Jika tidak, tentu saja Anda tidak akan siap menjalani kehidupan rumah tangga.

Saat datang cobaan yang menerpa, terkadang dapat menimbulkan pertengkaran yang mana memicu terjadinya perpisahan. Dibutuhkan beberapa persiapan dan bekal yang harus dimiliki setiap orang untuk tetap bisa menjaga keharmonisan dalam rumah tangga meskipun banyak godaan dan masalah yang menyerang.

Bagi Anda yang sedang merencanakan pernikahan, alangkah baiknya untuk memahami hal-hal berikut untuk membuat pernikahan yang dijalani dapat bertahan seumur hidup.

1. Kendalikan Emosi

Saat terjadi perdebatan dalam rumah tangga, pilihannya hanya ada dua, yaitu apakah Anda akan membesarkan masalah tersebut atau ingin menyelesaikannya dengan kepala dingin. Tentunya setiap orang menginginkan untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan membalikkan keadaan rumah tangga menjadi damai seperti semula.

Saat pasangan mampu untuk mengontrol emosi, tentu saja risiko mengeluarkan kata-kata yang dapat menyakiti hati pasangan akan kecil. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak, tentunya dibutuhkan kesabaran yang ekstra dalam menghadapi anak kecil. Karena itu, sangat penting untuk kendalikan emosi dengan baik mulai dari sekarang.

2. Hindari Kesalahpahaman

Penting bagi Anda untuk memiliki komunikasi yang baik. Bukan digunakan untuk berdebat, tetapi digunakan untuk saling memahami. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat menghindri kesalahpahaman dan bukannya menyulut api pertengkaran.

Saat berbicara dengan menggunakan nada tinggi ataupun menuduh tidak akan bisa menyelesaikan masalah, belajarlah untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan bijaksana, terutama saat kondisi tertekan sekalipun. Jadilah pendengar yang baik untuk pasangan Anda. Kedua hal ini akan sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah tangga yang harmonis.

3. Jauhi Prasangka

Jangan berencana untuk menikah jika pikiran Anda hanya dipenuhi dengan prasangka, apalagi kalau itu prasangka negatif. Hal ini tentunya hanya akan mempersulit Anda saat akan menikah. Karena itu, usahakan untuk melatih diri Anda untuk selalu berpikir positif terlebih dahulu. Berpikiran positif akan sangat membantu perjalanan rumah tangga Anda ke depannya.

4. Atasi Persoalan dengan Bijak

Setiap orang tentunya memiliki perbedaan. Entah dari sisi pikiran ataupun pendapat. Tak jarang hal inilah yang menyebabkan terjadinya konflik dalam rumah tangga. Hubungan yang sukses bukanlah hubungan yang jauh dari konflik, melainkan hubungan yang mana pasangannya dapat mengatasi segala macam konflik yang terjadi dengan baik.

Dalam pernikahan, tentu saja akan banyak konflik yang datang untuk menguji Anda dan pasangan. Namun, semua hal tersebut harus diselesaikan dengan baik. Anda bisa mendiskusikannya dengan cara masing-masing tanpa menimbulkan pertengkaran.

5. Tepati Janji dan Jangan Ingkar

Tidak hanya memfokuskan diri pada pasangan Anda, tetapi penting bagi satu sama lainnya untuk memiliki komitmen yang sama dengan dasar untuk bisa tetap mempertahankan rumah tangga meskipun dalam kondisi sesulit apa pun. Dengan adanya komitmen, rumah tangga Anda yang sedang mengalami kondisi serumit apa pun, akan tetap berusaha untuk mempertahankan rumah tangga. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk belajar tepati janji.

Hal lainnya yang perlu Anda miliki sebelum menikah adalah mengenai kesetiaan. Hal ini cukup penting mengingat pernikahan yang Anda jalani memiliki tujuan untuk seumur hidup. Jika berpacaran saja masih senang mencari perhatian orang lain, ada baiknya Anda memikirkan kembali keputusan untuk menikah. Jangan sampai rumah tangga yang dibangun nantinya menjadi berantakan hanya karena Anda yang ingkar janji.

Jangan Berpikir Gegabah dalam Memikirkan Pernikahan

Pernikahan adalah hal yang sakral diimpikan setiap orang. Tentu saja ketika ingin berencana melakukannya, dibutuhkan persiapan yang matang, termasuk persiapan untuk diri sendiri. Bekali diri dengan berbagai kemampuan yang mana dapat membantu menunjang keharmonisan dalam rumah tangga.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini