Lembutnya Sponge Cake Lelehkan Lidah Pecinta Kue di Jakarta, Ada Resepnya Juga

Sindonews, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 08 298 1841599 lembutnya-sponge-cake-lelehkan-lidah-pecinta-kue-di-jakarta-ada-resepnya-juga-ycIpUrlRvb.jpg Sponge cake green tea (Foto:Ilustrasi/Foodnetwork)

SPONGE cake atau kue spons adalah kue yang berbahan dasar tepung, gula, dan telur, terkadang dicampur baking powder, yang dijual dengan struktur yang dapat mengambang seperti memiliki pori. Kue spons dibuat dengan metode adonanencer atau metode foam.

Di Inggris, kue bolu diproduksi menggunakan metode adonan. Sementara di AS, kue yang dibuat dengan metode adonan dikenal dengan kue mentega atau pon. Dua kue kerang mete Inggris yang biasa adalah kue spons berlapis Victoria dan kue Madeira.

BACA JUGA:

Efek Samping Vaksin Difteri Dewasa Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

Kue yang dibuat dengan metode busa tidak digolongkan sebagai kue bolu di Inggris. Kue ini digolongkan sebagai kue busa yang sangat berbeda. Kue ini biasa ditemukan di Eropa, terutama di patisseries Italia. Kue itu pertama kali ditemukan koki pastry Italia, Giovan Battista Cabona, disebut Giobatta, di istana Spanyol bersama tuannya, Marquis Genoa Domenico Pallavicini, sekitar pertengahan abad ke-16.

Belakangan, di Jakarta makin banyak gerai penjual sponge cake. Pertama, ada Momoiro yang begitu punya tekstur lembut, sementara kepadatannya yang pas tidak akan membuat siapa yang mencicipinya cepat kenyang. Terlebih, rasanya dibuat tidak terlalu manis dengan banyak pilihan rasa, seperti original dan green tea. Jika penasaran, Anda bisa langsung menyambangi gerainya di Mall Kota Kasablanka.

Selain Momoiro, ada juga Ah Mah Sponge Cake yang berasal dari Singapura. Di tempat ini, ada rasa original dengan tekstur yang sangat fluffy dan light.

Manisnya pun pas dan memiliki aroma telur yang menggoda selera. Sponge cake ini dibuat tanpa butter, pengawet, atau pemanis buatan, dan menggunakan corn oil sehingga lebih sehat

Nah jika hari ini mungkin Anda ingin menjajal membuat sendiri sponge cake di rumah, berikut Okezone lampirkan salah satu resepnya yang bisa Anda coba di rumah.

Dikutip dari buku Cake Lembut ala Jepang, karya dapur Anissa, berikut resep lengkap membuat green tea sponge cake.

BACA JUGA:

Di Balik Misteri Hutan Aokigahara, Tempat Bersemayam Ratusan Nyawa Manusia

Bahan

90 gram telur

2 kuning telur

100 gram gula pasir halus

20 gram corn syrup

25 gram madu

15 ml air panas

70 gram tepung terigu protein sedang, misal segitiga

5 gram green tea bubuk

7 gram skim milk powder

Margarin secukupnya, untuk olesan

Cara membuat

1. Campur corn syurp, madu, dan air panas menjadi satu, aduk rata. Sisihkan;

2. Kocok telur, kuning telur, dan gula dengan cara di-tim hingga mengembang dan mengenta. Tuangkan campuran madu sedikit demi sedikit sambil dikocok rata;

3. Masukkan tepung terigu, green tea bubuk, dan skim milk powder sambil diayak, aduk hingga tercampur rata;

4. Tuang adonan ke dalam loyang loaf yang telah diolesi margarin. Panggang selama 15 menit, kemudian kecilkan suhu menjadi 160 derajat celcius. Panggang kembali selama 25-30 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin;

5. Setelah dingin, keluarkan dari loyang;

6. Potong-potong, hidangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini