nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Kimchi atau Bibimbap, Keju Ternyata Makanan Terfavorit Netizen Korea Selatan

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 16:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 298 1841799 bukan-kimchi-atau-bibimbap-keju-ternyata-makanan-terfavorit-netizen-korea-selatan-f0sKg4tuMe.jpg Keju makanan favorit netizen Korea Selatan (Foto:Koreaboo)

SETIAP negara hadir dengan kebudayaan soal sajian makanannya masing-masing. Di mana biasanya, penduduk negara yang bersangkutan menjadikan hidangan-hidangan tradisional dari negara sendiri untuk menjadi makanan favorit.

Akan tetapi sepertinya hal di atas kurang berlaku bagi para masyarakat Korea, terutama khususnya para netizen. Sebab, jika bicara soal makanan favorit para netizen di Korea, siapa sangka bukan makanan khas tradisional dari Korea sebut saja seperti bibimbap, japcahe, kimchi jjigae, atau hidangan khas Korea lainnya yang keluar menjadi favorit.

BACA JUGA:

4 Coffee Shop Asyik buat Lepas Lelah Usai Kerja di Sekitar Sarinah, Jakarta

Sebuah postingan di sebuah komunitas, belum lama ini meminta para netizen anggota komunitas tersebut untuk mengungkapkan apa makanan favorit mereka dan memberi suara pada apakah mereka menyukai atau tidak menyukai saran netizen yang lainnya. Hingga akhirnya, dalam postingan ini keluarlah lima jenis nama makanan yang sekiranya bisa menggambarkan makanan favorit dari para netizen di Korea.

Sebagaimana dikutip Koreaboo, Senin (8/1/2018) di hasil poling tersebut menunjukkan di posisi nomor lima ada sajian tangsuyuk, yakni potongan daging babi yang digoreng tepung kemudian disiram saus bercita rasa manis dan asam, yang merupakan salah satu makanan pokok di kuliner China-Korea. Tangsuyuk ini mendapatkan upvotes sebanyak 1.358 dan 136 downvotes. Dilanjutkan di tempat keempat yang ditempati oleh segala hidangan yang berbau green tea alias teh hijau, yang disebutkan jadi pilihan yang cukup kontroversial sebab meski mendapatkan 531 upvotes, namun di sisi lain hidangan yang berhubungan dengan green tea ini mendapatkan 367 downvotes.

Dilanjutkan berikutnya di tempat ketiga, yang diduduki oleh salah satu hidangan representatif Korea yakni soondae, atau sosis darah khas Korea. Soondae ini biasanya dikonsumsi bersama dengan tteokbokki, alias hidangan kue tepung beras yang disiram saus pedas. Soondae diketahui memperoleh perolehan sekitar 827 upvotes dari para netizen yang menyukai hidangan unik ini, namun di sisi lain fakta di mana soondae ini terbuat dari usus babi bisa menjadi salah satu alasan mengapa soondae mendapatkan 323 downvotes.

BACA JUGA:

Lembutnya Sponge Cake Lelehkan Lidah Pecinta Kue di Jakarta, Ada Resepnya Juga

Sementara itu di posisi kedua, cukup menarik karena ternyata hidangan pasta yang notabene adalah hidangan khas Italia, yakni spaghetti tomat disebutkan mendapat sekitar 924 upvotes dan hanya 271 downvotes. Seiring dengan ketenaran delivery food yang murah, hidangan pasta disebutkan menjadi makanan pokok dari banyak kaum pekerja di Korea.

Terakhir, cukup mengagetkan dan tidak disangka, posisi nomor satu ditempati oleh keju. Yup keju berhasil mendapatkan 1.046 upvotes dan hanya 197 downvotes, yang di mana ini disebutkan sebagai salah satu rasio pemungutan suara terbaik. Di dalam hidangan Korea sendiri, biasanya keju memang terdapat pada hidangan seperti tteokbokki dan kimbap untuk menambah cita rasa dan tekstur dari makanan tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini