nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerja Bikin Duduk Seharian, Begini 5 Cara Tetap Aktif di Kantor

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 08 481 1841577 kerja-bikin-duduk-seharian-begini-5-cara-tetap-aktif-di-kantor-UMHxxV6CID.jpg Ilustrasi (Foto: Besthealthmag)

BAGI Anda yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk duduk saat bekerja, waspadalah atas bahaya yang akan terjadi. Sebab, menurut sebuah laporan dari Harvard Medical School, terlalu banyak duduk dapat berisiko terkena diabetes, kenaikan berat badan, dan penyakit jantung.

Saat bekerja dalam keadaan duduk di depan meja, mungkin satu-satunya bagian tubuh yang benar-benar berolahraga ialah jari tangan. Bagian yang lain cenderung diam dan tak bergerak dalam posisi. Hal tersebut membuat tubuh berisiko terhadap penyakit diabetes dan lain-lain.

Belum lagi, saat Anda terlalu larut dalam pekerjaan, membuat Anda tidak ingin bergerak dari posisi tersebut dan mengemil beberapa makanan ringan untuk mengatasi stres. Itu juga yang menjadi faktor kenaikan berat badan.

Oleh sebab itu, melansir dari Theeverygirl, Senin 08/1/2018), berikut di bawah ini merupakan beberapa perubahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari beberapa penyakit seperti di atas, di antaranya sebagai berikut.

Ambil jeda per jam

Percayalah! Duduk di depan meja kerja Anda selama berjam-jam benar-benar dapat merusak kesehatan. Maka dari itu, cobalah bangun dari meja Anda sesekali dalam satu jam dan bergerak sekira 5 menit. Bisa dilakukan dengan berjalan-jalan, senam ringan, atau stretching. Kegiatan ini akan mengaktifkan otot dan meningkatkan aliran darah. Dan, jika Anda adalah seseorang yang terjadwal, Anda bisa mengatur timer satu jam sekali untuk beristirahat meski Anda sedang sibuk.

Pergi keluar untuk makan siang

Manfaatkan jam istirahat untuk keluar mencari makan siang dan hindari memesan. Dengan begitu, Anda dapat menggerakkan otot-otot Anda, mendapatkan udara segar, dan bahkan mengobrol dengan rekan kerja.

Naik tangga bukan lift

Meskipun sulit mengatakan tidak untuk naik lift, percayalah tidak ada cara mudah untuk mendapatkan kardio di minggu kerja Anda dengan menaiki tangga dibandingkan dengan menggunakan lift. Hal ini dapat meningkatkan detak jantung Anda, meningkatkan energi, serta sistem kekebalan tubuh.

Sering minum air putih

Meski sedang sibuk, sempatkan meminum air putih yang banyak. Siapkan botol minum Anda di atas meja kerja, sehingga Anda bisa terhindar dari dehidrasi. Meminum air putih selain menghilangkan haus, juga bermanfaat untuk mengontrol kalori, menjaga fungsi ginjal, mencegah penuaan dini, mengembalikan konsentrasi, dan masih banyak lagi.

Ubah sistem perjalanan Anda

Jika jarak antara rumah dengan kantor Anda cukup jauh, yang membuat Anda memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, maka usahakan agar memarkir kendaaraan Anda di tempat yang tidak terlalu dekat dengan kantor, sehingga kebugaran tubuh Anda akan tetap terjaga. Namun, jika jarak antara rumah dan kantor cukup dekat, maka cara yang tepat ialah bersepeda atau berjalan kaki. Walaupun menyita waktu serta tenanga, percayalah hal itu bisa menyehatkan Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini