nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia 8 Superfood untuk Menyaring Racun di Organ Ginjal

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 481 1841630 ini-dia-8-superfood-untuk-menyaring-racun-di-organ-ginjal-mnO2BL2Jdk.png Buah berry (Foto: Boldsky)

GINJAL salah satu organ penting bagi tubuh yang bisa menyaring racun. Karena itu, Anda harus menjaga fungsinya dengan baik dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Fungsi utama ginjal yakni menyaring limbah dari makanan dengan mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh. Ginjal juga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan lainnya di tubuh.

Masalah ginjal bisa menyebabkan bengkak di sekitar mata, sulit buang air kecil dan menimbulkan bengkak pada tangan dan kaki. Diet sangat penting dilakukan bagi pasien yang menderita penyakit ginjal.

Mengonsumsi makanan yang tepat membantu organ tubuh berfungsi dengan baik, termasuk ginjal, hati dan jantung Anda. Ada makanan tertentu yang kaya antioksidan dan penuh nutrisi.

Jika Anda ingin merasa sehat, coba konsumsi 8 makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Simak ulasannya berikut, dilansir Boldsky, Senin (8/1/2018).

Kubis

Kubis paling banyak digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan memberi nutrisi pada ginjal. Sayuran ini memperbaiki fungsi ginjal karena fitokimia hadir di dalamnya. Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C dan vitamin K, serta mengandung serat dan asam folat.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang mengurangi peradangan pada tubuh dan melindungi ginjal. Orang dengan masalah ginjal harus makan ikan seperti salmon, mackerel, herring dan tuna. Anda harus mengkonsumsi ikan kukus, panggang atau panggang untuk mengurangi masalah ginjal.

Buah berry

Buah berry adalah sumber magnesium, vitamin C, serat dan folat yang sangat baik. Anda bisa memilih strawrberry, cranberry, raspberry dan blueberry yang dianggap baik untuk ginjal Anda. Buah ini mengandung khasiat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi kandung kemih.

Minyak zaitun

Semua orang tahu bagaimana minyak zaitun itu baik untuk jantung. Tapi tahukah Anda, kandungan minyak zaitun juga baik untuk ginjal juga. Minyak zaitun mengandung sumber asam lemak anti-inflamasi yang menurunkan oksidasi dan meningkatkan kesehatan ginjal. Gunakan extra virgin olive oil yang dimanfaatkan sebagai salad dressing.

Cabai merah

Cabai merah kaya akan potassium, tinggi vitamin A, vitamin C dan juga vitamin B6. Cabai merah juga merupakan sumber asam folat dan serat yang sangat baik. Ginjal Anda sangat membutuhkan makanan seperti cabai merah yang menyehatkan.

Apel

Apel mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan memperbaiki penglihatan. Apel juga membantu dalam menjaga kesehatan ginjal, karena kaya akan antioksidan dan vitamin. Apel juga membantu menjaga kadar kolesterol baik dan menjaga urine agar tetap bersih.

Anggur merah

Anggur merah bersifat asam, yang bisa membunuh bakteri dan kuman yang ditemukan di ginjal dan saluran kemih. Anggur merah juga membantu otot lebih rileks, sehingga meningkatkan aliran darah. Anggur merah juga merupakan sumber flavonoid yang sangat baik, mampu melawan sel kanker dan mencegah jenis peradangan.

Air lemon

Kandungan asam yang ditemukan dalam lemon dan limau memecah batu ginjal. Kandungan citrus dan vitamin C bisa mencegah kristal yang sudah ada di ginjal Anda untuk saling mengikat satu sama lain.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini