nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Merawat Kulit Kusam, Salah Satunya Lakukan Eksfoliasi

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 14:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 09 194 1842316 tips-merawat-kulit-kusam-salah-satunya-lakukan-eksfoliasi-N9UzUO7JHq.jpg Ilustrasi (Foto: Skincare)

MEMILIKI kulit cantik dan cerah sudah tentu menjadi dambaan banyak wanita, tak terkecuali wanita Indonesia. Namun, tak sedikit wanita yang mengalami masalah kulit kusam.

Ya, kulit kusam nyatanya memang menjadi masalah paling utama yang dikeluhkan oleh wanita Indonesia. Penyebab kulit kusam pun bermacam-macam. Mulai dari menumpuknya sel-sel kulit mati, kulit wajah stres, kebiasaan tidak menggunakan tabir surya, hingga kurang waktu tidur.

Bagi Anda yang mengalaminya, tak perlu khawatir. Pasalnya Anda bisa menyingkirkan kulit kusam asal rutin menjalani perawatan harian sederhana ini. Berikut adalah beberapa perawatan rutin yang perlu Anda lakukan untuk merawat kulit kusam menjadi cerah, seperti dilansir Skincare, Selasa (9/1/2018).

Membersihkan wajah secara rutin

Cara paling penting dalam mengusir kulit kusam adalah membersihkan wajah dari kotoran, minyak, debu, dan make-up secara rutin, yakni pada pagi dan malam hari. Pastikan memilih produk pembersih wajah sesuai tipe kulit Anda ya, ladies.

Gunakan pelembap

Sebelum mengaplikasikan produk make-up, pastikan untuk selalu melembapkan wajah usai membersihkannya. Tak hanya melembapkan wajah, pelembap juga berguna untuk menghidrasi kulit. Dengan begitu, tekstur kulit wajah Anda tidak kering.

Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi langkah perawatan yang paling penting bila mengalami masalah kulit kusam. Eksfoliasi bertujuan untuk menghapus sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sel-sel kulit inilah yang membuat wajah tampak kusam dan wajah menjadi tidak lembap.

Menghapus make-up sebelum tidur

Selain bisa menyumbat pori-pori wajah, kebiasaan tidak menghapus make-up sebelum tidur juga memicu kulit kering dan kusam. Karena itu, penting untuk selalu menghapus make-up usai beraktivitas.

 Baca Juga:

Pakai masker

Perawatan kulit lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah kusam adalah menggunakan masker. Laiknya tahapan eksfoliasi, gunakan masker sesuai tipe kulit Anda, aplikasikan setiap satu pekan sekali.

Minum cukup air

Selain melakukan rangkaian perawatan wajah, hasilnya tentu tak akan maksimal bila tidak diimbangi dengan konsumsi air mineral yang cukup. Tak hanya menghidrasi kulit, air yang cukup juga membuat wajah bebas kusam.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini