nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Punya Anak 3 Lebih Mudah Pengasuhannya daripada Hanya 1, Ini Alasannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 13:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 09 196 1842238 terungkap-punya-anak-3-lebih-mudah-pengasuhannya-daripada-hanya-1-ini-alasannya-kFaL4sX8nL.jpg Mengasuh anak tiga lebih mudah (Foto:Babble)

 

BAGI Anda yang sedang ingin merencanakan kehamilan ketiga tapi bingung untuk melanjutkannya atau tidak, artikel ini mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk menentukan pilihan, ‘YA’.

Dikutip dari laman Babble, Selasa (9/1/2018), Lauren Hartmann, ibu muda yang kini memiliki anak 3 mencurahkan pengalamannya memiliki anak 3. Dia menceritakan bahwa dirinya tidak menyesal telah memiliki 3 anak dalam waktu yang terbilang dekat. Anak Lauren berusia 4 tahun, 2 tahun, dan 6 minggu. Bukan jangka waktu yang jauh, lho.

Keputusannya itu membuat banyak orang ingin mengomentari kehidupannya. Salah satu yang paling banyak terlontar adalah, emang nggak repot, ya? Tapi, ternyata setelah 4 tahun setengah menjalani kehidupan sebagai seorang ibu, Lauren mengaku bahwa memiliki 3 anak itu lebih mudah daripada hanya 1 anak. Terdengar gila memang pernyataan itu, tapi begitulah yang dirasakan Lauren.

BACA JUGA:

Inspiratif! Kelahirannya Sempat Disesali, tapi Kini Orangtua Bangga dan Bersyukur Memiliki Anak seperti Ini

Dan Okezone coba mengulik 5 manfaat yang bakal Anda rasakan dengan memiliki 3 anak:

 

1. Anda sudah tahu apa artinya menjadi orang tua.

Berbeda dengan saat Anda baru pertama kali punya anak, di mana Anda harus menyesuaikan diri dengan identitas baru yang tidak mudah. Pada awal menjadi ibu, hal semacam perubahan hormonal secara drastis dan kekurangan tidur itu hal yang wajar. Namun, pada saat Anda memiliki 3 anak, Anda sudah bisa setidaknya me-manage kehidupan rumah dan diri Anda sendiri.

2. Anda lebih baik meminta apa yang Anda butuhkan.

Pada beberapa kasus baru memiliki 1 anak, ketika Anda merasa butuh pertolongan, ada rasa tidak percaya dan takut berlebih karena dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Kemudian, anggapan bahwa Anda masih tidak membutuhkan pertolongan itu masih cukup tinggi ketika Anda masih punya anak 1. Lain cerita ketika anak Anda sudah 3. Anda tidak akan lagi malu untuk sekadar meminta pertolongan pada tetangga, karena beban Anda memang sudah banyak dan butuh pertolongan.

3. Pengalaman dalam mengasuh anak lebih beragam dan lebih kompleks memang saat memiliki anak 3.

Tapi, itu semua akan menguntungkan diri Anda dalam menjalani hidup. Anda bisa memahami karakter baru dalam diri anak Anda dan itu semua baik untuk kekayaan diri Anda. Dengan pengalaman yang dimiliki saat mengasuh anak pertama, setidaknya untuk menjalani kehidupan dengan 3 anak Anda lebih paham dengan masalah yang bakal terjadi.

4. Saat Anda hanya beranak satu, sulit tidur itu masalah yang dihadapi setiap hari.

Sampai-sampai Anda stress dibuatnya. Segala hal yang terjadi dilalui untuk pertama kalinya. Dan itu semua memang harus dijalani. Tapi, jika sudah punya anak setelahnya, perubahan di jam tidur pun bisa terjadi. Pengaturan jam tidur anak pun bisa dilakukan berkaca dari masalah yang menimpa anak pertama dan kedua.

 BACA JUGA:

Hasil Studi: Harapan Hidup Lajang Berpenyakit Jantung Lebih Rendah Dibanding yang Sudah Menikah

5. Anda tidak perlu menghibur mereka sebanyak-banyaknya.

Dengan satu anak Anda ingin melakukan segala sesuatunya semaksimal mungkin. Anda memiliki waktu membaca setiap hari dan Anda membawa mereka ke kelas musik bayi khusus. Anda merencanakan kegiatan kerajinan tangan yang menyenangkan dan Anda merasa bersalah karena membiarkan mereka mengantarkan bayi ke tempat tidur terlalu lama.

Dengan tiga anak, hanya ada cukup waktu di siang hari untuk membuat semua orang selalu aktif sepanjang waktu. Terkadang Anda membiarkan mereka ke “dunia” mereka sendiri dan mereka benar-benar menghasilkan beberapa ide dan permainan yang sangat menyenangkan. Ada saudara kandung di sini yang mana bisa menjadi teman bagi si adik yang masih kecil. Menyenangkan bukan?

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini