nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Memelihara Kucing dan Anjing Buta di Dalam Rumah

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 17:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 09 196 1842419 tips-memelihara-kucing-dan-anjing-buta-di-dalam-rumah-Zgx7etTxGa.jpg Ilustrasi (Foto: Housesitmatch)

BELAKANGAN ini telah banyak pemerhati hewan liar, khususnya anjing dan kucing. Dari hasil penyelamatan di jalanan, kasus kekerasan, hingga hewan yang penyakitan dirawat, kembali sehat dan dicarikan adopter.

Para pencinta hewan pun sekarang sudah lebih peduli dengan tidak membeli hewan peliharaan dan memilih untuk mengadopsi anjing atau kucing dari shelter penyelamatan. Namun, kondisi anjing atau kucing yang telah sehat tidak semua memiliki organ yang lengkap dan normal.

Contohnya saja ada banyak kasus anjing atau kucing yang terpaksa harus kehilangan penglihatannya, karena luka yang mereka dapatkan ketika berada di jalanan. Hal ini tentu harus jadi perhatian pemilik baru, sebab memiliki hewan peliharaan yang buta jelas beda dengan hewan yang penglihatannya masih normal.

Akan tetapi, bukan berarti Anda harus menyerah. Pasalnya, ada tips memelihara anjing dan kucing yang buta, melansir dari One Green Planet, Selasa (9/1/2018), sebagai berikut.

Menggunakan suara

Hewan yang buta alami akan bergantung pada indera mereka untuk bergerak atau berkeliling. Anda dapat membantu mereka dengan menggunakan suara di sekitar rumah. Jika Anda memiliki lebih dari satu hewan peliharaan, kenakanlah kalung dengan lonceng pada kucing atau anjing lain. Dengan cara seperti ini mereka akan mengetahui di mana keberadaan saudaranya. Tidak hanya pada hewan lain, Anda pun sebaiknya mengenakan lonceng pada pergelangan tangan, agar kucing atau anjing Anda yang buta bisa tahu di mana pemiliknya dan mengurangi kecemasan mereka.

Hindari menata ulang perabot rumah

Binatang peliharaan yang buta akan beradaptasi dan belajar jalan di sekitar rumah dengan menghapal tata letak benda-benda yang ada di sekitarnya. Jika Anda menata ulang atau mengubah tata letak perabot rumah, maka kemungkinan besar hewan peliharaan Anda akan tersesat. Gunakan juga karpet bertekstur di dekat tangga, tempat tidur, pintu depan dan tempat lainnya, agar anjing atau kucing Anda yang buta bisa belajar dan mengetahui keberadaan mereka.

Tempatkan makanan di lokasi yang sama

Buatlah satu tempat tertentu yang jadi lokasi Anda memberi makannya dan tersedia air minum, jangan diubah-ubah. Mengubah lokasi makan dan minum mereka akan membuat kucing atau anjing kebingungan. Tambahkan juga permadani di bawah tempat makan dan minum, agar mereka dapat merasakan permadani dan membantu mereka mengenali lokasi makan serta minum.

 Baca Juga:

Menambahkan pengaman pada furnitur atau perabot yang bersudut tajam

Kenali setiap sudut furnitur atau perabot, jika ada yang tajam dan membahayakan, baiknya Anda perlu tambahkan pengaman di setiap sisinya. Jika Anda memiliki tangga di rumah, gunakan pengaman juga agar kucing atau anjing yang buta tidak terjatuh. Indera penciuman binatang yang buta juga biasanya wangi, untuk itu menambahkan wewangian pada mainan atau barang-barangnya juga bisa dilakukan agar ia mengenali benda-benda tersebut.

Hal yang perlu dipertimbangkan

Jika Anda mengajak jalan-jalan anjing atau kucing yang buta, kenakanlah bandana yang bertuliskan "Saya Buta" agar orang-orang tidak mengejutkan binatang peliharaan Anda. Selain itu, pakaikan juga sebuah kalung yang berisi informasi kontak juga keadaan binatang agar ketika tersesat orang lain bisa menemukan Anda dan mengembalikannya ke dalam pelukan Anda lagi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini