nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paling Disukai Orang Indonesia, Ini 3 Jenis Teh Terbaik

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 16:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 09 298 1842385 paling-disukai-orang-indonesia-ini-3-jenis-teh-terbaik-Sy3w7FdBTd.jpg Teh hitam disukai orang Indonesia (Foto:Servingjoy)

SELAIN  kopi, teh juga disukai oleh orang Indonesia dengan citarasa yang unik. Ada banyak varian teh yang bisa dinikmati untuk mengisi waktu kosong.

Saat ini orang Indonesia mulai menyukai kebiasaan minum teh. Minuman berkafein ini punya citarasa yang berbeda-beda dan cocok dikulik.

Sebenarnya kebiasaan minum teh diawali dengan penduduk Tiongkok yang membawanya ke Indonesia. Apalagi sampai sekarang, penduduk keturunan Tionghoa menjadi WNI dengan membawa kebiasaan dari nenek moyangnya.

BACA JUGA:

Konsumsi Dua Lusin Tiram Mentah, Wanita Asal Texas Meninggal

Berbagai varian teh yang sering dinikmati orang Indonesia sangat dominan. Mengingat, Indonesia sebagian besar hanya menghasilkan teh hitam dan teh hijau.

Kontributor Semasa Cafe di Kota Tua Joe sekaligus pecinta teh mengungkapkan, karakter rasa teh yang disukai orang Indonesia yakni cenderung strong, sepet dan kental. Jenis teh yang punya citarasa seperti itu yakni teh hitam dan teh hijau.

"Orang Indonesia biasa ngeteh dengan varian rasa strong dan sepat, tapi kurang suka yang pahit," ujarnya saat berbincang dengan Okezone di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (9/1/2018).

Pada kesempatan itu, Joe juga membeberkan tiga jenis varian teh terbaik disukai oleh masyarakat Indonesia. Ini dia ulasannya lebih lanjut, dirangkum Okezone sebagai berikut.

 

Teh hitam

Teh hitam yang pahit sangat disukai orang Indonesia karena rasanya sangat familiar di lidah. Adapun proses pengolahan daun teh menjadi teh hitam melalui proses roasting atau pembakaran di atas tungku. Soal rasa pahitnya tergantung dari proses roasting. Hampir di setiap kafe atau kedai teh menyediakan teh hitam dengan harga yang murah sampai yang mahal.

Teh hijau

Siapa yang tak kenal teh hijau dengan citarasa sepet. Varian teh hijau atau lebih dikenal dengan matcha juga menjadi tea signature dari Semasa Cafe. Teh hijau dari Jepang sejak lama juga digandrungi orang-orang. Tapi siapa sangka, teh hijau juga ada yang berasal dari Indonesia yang enak diseruput. Adapun proses mengolah teh hijau tidak di-roasting, tapi lebih ke proses steam dan pengeringan menjadi bubuk.

BACA JUGA:

Rebus Susu Kental Manis di Air Mendidih & Lihat Apa yang Terjadi Setelahnya, Yummy

Teh dari buah-buahan

Jenis teh tak sekedar berasa dari daun pilihan. Ada juga buah-buahan yang dikeringkan menjadi teh. Rasanya cenderung manis dan bisa melepas dahaga di saat haus. Yuzu tea salah satu jenis teh favorit orang Indonesia, karena cenderung punya citarasa asam dari aneka buah citrus. Ditambah lagi proses pembuatan teh sudah ditambahkan pemanis, sehingga bisa membuat orang jatuh hati.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini