nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Misteri Pantai Menganti, Larangan Pakai Baju Hijau

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 09 406 1842248 cerita-misteri-pantai-menganti-larangan-pakai-baju-hijau-IwMnAdwAvN.jpeg Pantai Menganti (Foto: Wikipedia)

PANTAI Menganti menjadi lokasi yang dipercaya akan larangan pada pengunjungnya mengenakan pakaian warna hijau. Kepercayaan yang telah diyakini masyarakat dan disebar luaskan pada pelancong, menyebabkan tidak sedikit pula pengunjung yang menaatinya.

Untuk mencegah dan menghindari marabahaya pengunjung pun rela memilih warna pakaian lain. Pasalnya, menurut cerita rakyat setempat, jika ada pengunjung yang mengenakan pakaian warna hijau, Nyi Roro Kidul selaku penguasa lautan yang dipercaya turun-temurun itu akan datang menjemput.

BACA JUGA:

Dari berbagai sumber yang Okezone rangkum, Selasa (9/1/2018), bukti dari kesukaan Nyi Roro Kidul akan warna hijau, diantaranya kejadian pengunjung yang hilang tiba-tiba ketika bermain air, perahu nelayan tenggelam, dan keyakinan dari arwah manusia yang hilang akan jadi budak atau balatentara Ratu Pantai juga masih dianut.

 

(Foto: Indonesiawow)

Maka, agar pelancong dan masyarakat setempat tetap aman dan selamat, warga kerap melakukan beragam ritual adat, seperti pesta laut, melempar kepala kerbau, dan lainnya, dengan maksud supaya selalu mendapat perlindungan, keselamatan, hasil tangkapan ikan melimpah, dan selalu sejahtera. Nyi Roro Kidul sendiri dalam kepercayaan masyarakat Jawa Kejawen termasuk dalam telu teluning atunggal, yang berarti tiga sosok kekuatan, terdiri dari Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Nyi Roro Kidul.

 

(Foto: Pantai Menganti)

Meskipun cerita soal larangan memakai baju warna hijau ini terdengar mistis, namun menghargai kepercayaan masyarakat setempat tidak ada salahnya, selagi hal tersebut demi keselamatan dan kebaikan para traveler. Masih banyak pula warna pakaian lainnya yang bagus dan memiliki manfaat jika dikenakan saat berkunjung ke pantai, seperti warna putih yang lebih baik dikenakan daripada warna hitam yang mudah menyerap panas matahari.

BACA JUGA:

Dengan menaati aturan dan kebudayaan masyarakat yang berada di kawasan Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kabumen, Jawa Tengah tersebut, Anda dan keluarga bisa lebih tenang ketika datang berkunjung. Daripada mengenakan pakaian hijau tapi hati was-was, liburan jadi tidak menyenangkan

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini