nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melihat Keindahan Curug Cikawung yang Hanya Muncul di Musim Hujan

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 07:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 09 406 1842492 melihat-keindahan-curug-cikawung-yang-hanya-muncul-di-musim-hujan-KJCMyhGzAb.jpg Curug Cikawung (Foto: Ngetrip)

BERBICARA mengenai Garut, hal yang sering terlintas di pikiran pertama kali tentu adalah dodol. Ya, daerah di Jawa Barat itu memang terkenal sebagai produsen dodol.

Bahkan kini sudah mulai ada kreasi unik yang semakin menambah keistimewaan makanan bercita rasa manis itu. Akan tetapi, bukan hanya dodol yang bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke sana. Anda bisa menikmati keindahan alam seperti curug.

Di sana terdapat beberapa curug yang menawan, salah satunya adalah Curug Mala. Curug ini berada di Desa Cisewu, Garut. Uniknya, wisatawan hanya dapat mengunjungi curug tersebut di musim hujan saja. Hal itu lantaran tidak sumber mata air yang mengalirinya. Air terjun hanya akan mengalir ketika hujan turun. Maka tak heran bila curug ini dijuluki sebagai curug musiman.

Curug yang juga dikenal dengan nama Curug Cikawung ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Terdapat undakan batu di dasar curug dan tebing yang ditumbuhi tanaman liar. Udara yang sejuk dan suara debit aliran air dapat membuat suasana hati menjadi damai.

Selain itu, terdapat kolam kecil untuk menampung aliran air. Bila diperhatikan, sepintas bentuk kolam itu menyerupai hati. Meski begitu, wisatawan tidak disarankan untuk berenang di kolam. Pasalnya debit air akan sangat deras saat hujan turun. Namun, wisatawan tidak perlu berkecil hati. Sebab mereka masih bisa bermain air di dasar curug. Di sana terdapat bebatuan yang aman untuk diinjak oleh wisatawan yang ingin merasakan dinginnya air.

Selain itu, banyak pula yang memanfaatkan keindahan curug untuk sekadar mengambil momen. Ada yang berfoto di dasar curug, tapi ada pula yang berfoto dari tebing di sekitarnya. Curug ini mulai populer, hanya saja karena lokasinya yang tersembunyi membuat jumlah wisatawan yang datang belum begitu tinggi. Hal ini tentunya bisa menjadi nilai tambah tersendiri. Tapi ingat, jagalah selalu kebersihan di sekitar curug agar tidak mengurangi keindahannya.

Tak hanya Curug Mala, di Garut masih banyak curug yang bisa dikunjungi dan cocok untuk menghilangkan stres. Sebut saja Curug Sanghyang Taraje, Curug Cikanay, Curug Arjuna, Curug Jagapati, Curug Nyogong, Curug Ciharus, Curug Orok, dan masih banyak lagi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini