Uji Keberanian Berkendara di Jalan Raya Norwegia, Super Ekstrem

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 05:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 09 406 1842516 uji-keberanian-berkendara-di-jalan-raya-norwegia-super-ekstrem-aDZWZOtepr.jpeg Jalan ekstrem di Norwegia (Foto:Wittyfeed)

PERNAHKAH Anda melewati jalanan yang medannya ekstrem? Bagaimana perasaan Anda ketika berhasil melewatinya? Tentu akan ada euforia meski hanya sesaat. Begitu juga dengan orang-orang yang berhasil melewati Atlantic Ocean Road di Norwegia.

Ya, jalan raya yang terletak di atas Samudra Atlantik itu memang memicu adrenalin. Alasannya karena sewaktu-waktu semburan dari gulungan ombak bisa menghantam kendaraan yang melintas. Hal itu tentu dapat membuat pengemudi takut kendaraannya hilang kendali. Gulungan ombak yang lebih dahsyat biasanya terjadi di musim panas.

BACA JUGA:

Ubah Tampilan, Mister Aladin Bagi-Bagi Promo untuk Pesan Hotel

Ketegangan bukan hanya terjadi saat gulungan ombak datang. Kendaraan juga harus berhati-hati saat melintasi area Hilvagen Bridges karena terdapat turunan curam. Jalanan sepanjang 8,2 km itu memang terdiri dari 8 jembatan.

Akan tetapi, di balik kengerian yang terlihat, terselip keindahan yang mampu membuat setiap orang merasa takjub. Pasalnya, saat melewati jalan raya tersebut penumpang di dalam kendaraan akan menyaksikan pemandangan alam yang terbentang luas. Mulai dari pulau, perbukitan, jalan yang meliuk, hingga samudera. Penumpang juga bebas menghirup udara segar. Aroma khas laut akan terasa menusuk hidung. Kedua hal itu bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang.

Pesona keindahan jalan raya Atlantik juga seringkali membuat produsen mobil ternama memilihnya sebagai lokasi syuting iklan otomotif. Selain itu, di sebelah jalan terdapat jembatan kecil yang banyak dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk memancing ikan laut atau hanya sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan. Banyaknya orang yang takjub, tak salah rasanya bila pemerintah menjadikan Atlantic Ocean Road sebagai salah satu rute wisata nasional.

BACA JUGA:

Keindahan Pantai Nemberala yang Air Lautnya Dipakai Presiden Jokowi untuk Basuh Wajahnya

Mengutip berbagai sumber, Rabu (10/1/2018), jalan raya itu sendiri mulai beroperasi sejak 1989. Tujuan pembangunannya adalah menghubungkan dua kota besar yaitu Kristiansund dan Molde. Maka tak heran bila siapa saja dapat merasakan sensasi melewati jalan tersebut tanpa dikenakan biaya apapun.

Pada tahun 2005, jalan raya itu pernah terpilih sebagai "Engineering Feat of the Century" Norwegia. Desain arsitektur yang sempurna dan konstruksi yang kuat pun menjamin keselamatan kendaraan yang melintas. Jalanan pun akan ditutup apabila sedang terjadi cuaca buruk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini