Kabar Gembira! Museum Selfie Akan Dibuka Bulan Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 06:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 09 406 1842585 kabar-gembira-museum-selfie-akan-dibuka-bulan-ini-kSCrdAVDKQ.jpg Koleksi di Museum Selfie (Foto: Museum of Selfies)

KEGIATAN selfie atau swafoto kini seakan menjadi hal wajib saat seseorang mengunjungi sebuah obyek wisata. Di tengah pro kontra, kegiatan itu ternyata menjadi konsep berdirinya sebuah museum.

Museum Of Selfies yang dibangun oleh Tommy Honton dan Tair Madevov itu bertujuan untuk membuat pengunjung merasa dunia seni dapat diakses karena menghubungkan diri dengan warisan potret. Melansir Mashable, Rabu (10/1/2018), museum yang terletak di Los Angeles, Amerika Serikat ini berharap bisa membuat pengunjungnya merenung untuk melihat peran yang dimainkan oleh diri sendiri dalam kehidupannya.

“Kami ingin melihat orang berekspresi dengan pameran saat melihat humor visual yang membuatnya terlibat. Entah itu mereka tertawa, terkejut, merasa geli, atau tidak ingin mengambil gambar,” tutur pendirinya.

 

Di museum itu terdapat lebih dari seribu gambar yang menunjukkan aktivitas sehari-hari ketika seseorang sedang berselfie. Pengunjung dapat menemukan foto makanan dan cermin kamar mandi. Ada ruangan yang terbuat dari tongkat selfie. Kemudian ada pula ruangan untuk kesenangan pribadi yang konsepnya hampir sama dengan Museum of Ice Cream dan Happy Place.

Hal lain yang tak kalah unik adalah gambar manusia gua, potret Renaisans, potret diri sendiri, serta gambar yang menceritakan tentang konvergensi teknologi dan artistik. Ada gambar di mana Monalisa dan astronot sedang selfie. Selain itu, ada gambar-gambar yang menunjukkan cara orang zaman dulu berfoto.

 

Museum Of Selfies bisa dikatakan sebagai warna baru untuk menghancurkan elitisme dan populisme artistik. Melalui museum ini, dapat dilihat bagaimana peran selfie dalam kehidupan manusia termasuk dalam soal seni.

 Baca Juga:

"Hubungan antara manusia dan seni telah berubah. Sekarang ini orang tidak lagi ingin menjadi konsumen diam, mereka ingin menjadi bagian dari seni. Di sini pengunjung dapat melihat banyak gambar selfie yang dikreasikan dan berbeda dengan sebenarnya,” papar pendiri museum.

Para pendiri museum ingin bangunan yang mereka dirikan masuk dalam Guinness World Record. Rencananya museum ini dibuka pada Januari ini meskipun tanggal pembukaannya belum diungkapkan secara pasti. Untuk masuk ke museum nantinya pengunjung akan dikenakan biaya sebesar $ 25 atau setara dengan Rp357 ribu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini