nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan saat Menata Peralatan Dapur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 20:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 10 196 1843174 3-kesalahan-umum-yang-sering-dilakukan-saat-menata-peralatan-dapur-52aR70BIWx.jpg Ilustrasi (Foto: Foodandwine)

TIDAK peduli seberapa sering Anda membersihkan rumah, selalu ada ruangan yang seolah tidak pernah luput dari kotoran. Terlebih jika Anda sering melakukan kesalahan umum, seperti menyepelekan sampah-sampah kecil, atau tidak menata perabotan rumah tangga dengan baik.

Contoh yang paling nyata adalah menyangkut kebersihan dapur. Untuk memahami kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang, berikut penjelasan para ahli yang berhasil dirangkum Okezone dari Food & Wine, Rabu (10/1/2018).

Membeli peralatan dapur tapi tidak menyediakan ruangan kosong

Marissa Hagmeyer, pemilik sekaligus pendiri NEAT Method, telah melihat banyak kesalahan yang dilakukan oleh kliennya selama bertahun-tahun. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah tidak melakukan pengaturan atau mengorganisasi ruangan yang pas untuk peralatan dapur yang hendak mereka beli.

“Sebuah keranjang yang indah bisa membantu Anda menjaga kebersihan dapur. Namun, benda ini pada dasarnya tidak berfungsi untuk menjaga kerapian perabotan dapur Anda,” tutur Hagmeyer.

Solusinya: Anda bisa mulai memilah barang apa saja yang sebetulnya tidak terlalu Anda butuhkan. Lalu pisahkan pula barang sesuai dengan jenisnya. Dengan demikian, Anda dapat menyisakan sedikit ruangan untuk meletakkan peralatan baru.

Membuat kategori penyimpanan yang terlalu general

“Kesalahan lainnya yang sering kami lihat adalah masih banyak orang yang membuat tempat khusus dengan kategori yang masih terlalu general,” ujar Hagmeyer.

Bila sudah demikian, akan sulit untuk menaruh peralatan dapur lainnya dengan baik. Lambat laun, Anda akan menaruh benda apa pun di tempat tersebut.

Solusinya: Saat hendak mengatur peralatan dapur, sebaiknya lakukan sesuai dengan kebiasaan sehari-hari Anda. Hagmeyer mencontohkan untuk mengikuti kebiasan anak-anak yang selalu melabeli mainan mereka. Anda pun bisa mengikuti ide tersebut, misalnya menyediakan tempat khusus gelas, piring, sendok, wajan, dan lain-lain.

Baca Juga:

Meletakkan peralatan dapur ‘terlalu tinggi’

Pendiri Bneato Bar, Beth Penn, mengungkapkan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang. Salah satunya yaitu meletakkan piring atau gelas terlalu tinggi di lemari dapur.

“Kalau dilakukan terus menerus, bisa saja piring dan gelas itu jatuh,” tutur Beth.

Solusinya: Anda bisa menambahkan beberapa rak baru untuk membagi ruang dengan peralatan dapur lainnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini