nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Makanan dan Minuman Ini Malah Bikin Semakin Haus, Kok Bisa?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 21:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 298 1842992 sederet-makanan-dan-minuman-ini-malah-bikin-semakin-haus-kok-bisa-GNmdhs8l77.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

TUBUH kita terdiri dari 75 persen air, yang di mana tanpa adanya kandungan air dalam tubuh maka tubuh tidak bisa berfungsi baik.

Dalam beraktivitas sehari-hari, kita mengalami kondisi kehilangan air karena keringat, air urine, dan juga bernafas.

Ternyata, yang bisa menyebabkan kita menjadi haus bukan hanya faktor-faktor di atas saja loh. Sebab, sebagaimana dikutip Ndtv, Rabu (10/1/2018) ada juga beberapa jenis makanan dan minuman yang jika dikonsumsi bisa membuat tenggorokan menjadi dahaga alias merasa haus karena makanan dan minuman ini bisa membuat merasa dehidrasi, sehingga tubuh meminta untuk diberi air.

Berikut daftar makanan dan minuman dari Ndtv, yang diketahui dapat menyebabkan rasa haus datang saat dikonsumsi. Di mana sebaiknya asupannya bukan langsung diberhentikan, namun dibatasi sehingga tidak memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

1. Kopi dan teh

Minuman berkafein, termasuk kopi dan teh, adalah minuman yang memiliki sifat deuretik atau dengan kata lain memicu keluarnya air urine. Sehingga kafein ini akhirnya mempercepat dehidrasi dalam tubuh. Jadi semakin banyak minuman kopi atau teh yang diminum, maka semakin terasa dehidrasi pula. Untuk mengonsumsi kopi atau teh, disarankan untuk hanya meminum dua hingga tiga gelas saja dalam sehari demi mencegah terjadinya ketidakseimbangan karena kehilangan cairan.

2. Alkohol

Tidak asing lagi jika semakin banyak meminum minuman beralkohol, maka semakin sering juga intensitas ke kamar mandi untuk buang air kecil. Maka tak heran, jika setelah berpesta dan mabuk-mabukan, Anda mungkin merasa dehidrasi. Well, ini karena terjadinya kehilangan cairan di dalam tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan. Biasakan jika meminum alkohol, imbangi juga dengan asupan air mineral.

3. Makanan asin

Makanan dengan kandungan natrium tinggi seperti keju olahan, hot dog, roti, dan lain-lain diketahui memang memicu rasa haus datang, karena sodium membuat tubuh jadi kehilangan cairan sebab banyaknya air yang jugaikut larut ketika proses pembilasan kelebihan sodium dalam garam. Maka dari itu, ada baiknya untuk membatasi asupan makanan kalengan, makanan olahan, makanan beku dan juga bumbu atau sambal pedas.

Baca Juga:

4. Makanan berprotein tinggi

ika Anda sedang dalam program diet protein tinggi, maka akan timbul peluang untuk terjadinya dehidrasi. Disebutkan, tubuh menggunakan lebih banyak air untuk memetabolisme nitrogen alami di dalam protein, sebab sel-sel dapat kehilangan kadar air secara signifikan yang akhirnya membuat kita menjadi dehidrasi. Jadi, jika sedang menjalani diet protein tinggi, pastikan untuk mengonsumsi banyak air.

5. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis memang bisa segera menambah cairan saat tubuh sedang membutuhkan cairan, tapi di sisi lain minuman dan makanan dengan kadar gula yang tinggi diyakini bisa menciptakan asam yang yang dapat mengganggu fungsi enzim dan mengurangi kapasitas penyimpanan air di tubuh, yang diperlukan untuk memetabolisme semua ekstra gula yang ada dalam sistem. Misalnya, jika suka meminum minuman berenergi, minuman soda, dan juga sports drink, pastikan asupannya dibatasi karena sebenarnya minuman jenis ini tidak memberikan apa-apa selain dampak dehidrasi di tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini