Ciuman Bisa Bakar Kalori, Durasi 5-6 Menit Setara 1 Menit Lari

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 10 481 1842772 ciuman-bisa-bakar-kalori-durasi-5-6-menit-setara-1-menit-lari-EByrs7KReo.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Ciuman merupakan foreplay yang kerap dilakukan pasangan suami istri sebelum berhubungan seks. Cara ini dipercaya bisa membangun keintiman. Namun peneliti menemukan manfaat lain dari ciuman.

Aktivitas ini dipercaya memberikan efek sama seperti olahraga. Di mana profesor kesehatan dari University of Louisville Bryant Stamford, PhD mengatakan, bahwa berciuman bisa membakar kalori sehingga baik untuk kesehatan.

"Dalam sebuah ciuman yang penuh perasaan, Anda mungkin membakar 2 kalori permenit, meningkatkan laju metabolik hingga dua kali lipat," ujar Prof Bryant Stamford seperti dilansir dari WebMD.

Meski demikian, Stamford menekankan ciuman bukan penggati olahraga. Dia pun memberi contoh dengan membandingkan jogging atau lari kecil di atas treadmill dapat membakar rata-rata 11,2 kalori per menit. Jumlah ini enam kali lipat dari berciuman.

Angka tersebut menunjukkan bahwa pembakaran kalori dari berciuman tidak tinggi. Namun untuk mendapatkan hasil yang setara dengan jogging selama satu menit, Stamford menyarankan berciuman selama 5-6 menit.

Selain mampu membakar kalori, fakta lainnya adalah ciuman bisa meredakan stres hingga reaksi alergi. Namun manfaat tersebut bisa didapat dengan cara tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini