Image

Yoga Teratur Bisa Kurangi Sakit Punggung dan Stres

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 11:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 481 1842779 yoga-teratur-bisa-kurangi-sakit-punggung-dan-stres-hacJwsMMw8.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari banyak orang. Olahraga jenis ini dinilai mampu menyehatkan tubuh dan memberikan ketenangan. Gerakan Yoga yang ringan juga bisa mengatasi stres hingga sakit punggung yang menyiksa.

Yoga yang terdiri atas peregangan, pernapasan, dan metode relaksasi terbukti dapat mengatasi sakit punggung dan kondisi muskuloskeletal. Banyak penelitian yang dilakukan National Health Service (NHS) yang menunjukkan manfaat yoga bagi pasien. Diantaranya pasien dengan sakit punggung kronis yang secara teratur berlatih yoga.

Mereka merasakan sakit yang lebih sebentar, dibandingkan yang tidak melakukan yoga. Dr. Ned Hartfiel, seorang petugas penelitian di Pusat Evaluasi Ekonomi dan Obat-obatan Kesehatan dan Rhiannon Tudor Edwards seorang profesor ekonomi kesehatan di Bangor University melakukan penelitian yang berfokus pada manfaat pelaksanaan yoga di tempat kerja.

"Kami bekerja dengan 150 karyawan NHS dari tiga rumah sakit di Wales Utara. Karyawan secara acak ditugaskan masuk ke salah satu kelompok, yakni kelompok yoga atau kelompok pendidikan. Kelompok yoga menerima total delapan sesi yoga 60 menit, seminggu sekali selama delapan minggu," papar Dr. Ned Hartfiel.

Dilansir dari Independent, kelompok yoga juga diberikan DVD dan poster agar mereka bisa melakukan latihan yoga di rumah. Responden diberikan kesempatan berlatih yoga di rumah selama 10 menit sehari selama enam bulan. Sementara kelompok pendidikan, menerima dua buklet instruksional yang menjelaskan bagaimana bisa mengelola nyeri punggung dan mengurangi stres di tempat kerja.

Program yoga ini berdasarkan pada Dru Yoga atau gerakan lembut dan mengalir yang terdiri dari empat bagian. Di setiap sesinya, disertai dengan gerakan pemanasan yang lembut serta delapan peregangan untuk melepaskan ketegangan dari bahu dan pinggul. Selanjutnya responden melakukan empat postur perawatan punggung untuk mengembangkan kelenturan di tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh.

Perawatan ini juga dilengkapi dengan relaksasi untuk menciptakan keseluruhan perasaan positif kesehatan dan kesejahteraan. Hasilnya, setelah delapan minggu menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan dalam kelompok yoga merasakan pengurangan nyeri punggung yang lebih besar dibandingkan kelompok pendidikan.

Mengejutkannya, setelah enam bulan, sakit karena kondisi muskuloskeletal (termasuk sakit punggung) menunjukkan kelompok yoga 20 kali lebih sedikit dibandingkan kelompok pendidikan. "Kami juga melihat bahwa karyawan di kelompok pendidikan selama studi enam bulan yang dijalani mengunjungi profesional kesehatan untuk sakit punggung setengah lebih dibandingkan karyawan di kelompok yoga," jelasnya.

Selain itu terjadi juga peningkatan pada karyawan yang juga berlatih yoga di rumah dengan waktu rata-rata 60 menit atau lebih setiap minggunya. Karyawan juga merasakan manfaat lain dari yoga di mana yoga bisa membantu untuk mengelola stres lebih baik.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini