Image

5 Aktivitas Pemicu Nyeri Tulang Belakang, Ubah Status Facebook Salah Satunya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 12:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 10 481 1842799 5-aktivitas-pemicu-nyeri-punggung-ubah-status-facebook-salah-satunya-IDV37M0y1R.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

MASALAH nyeri tulang belakang rasanya banyak dialami masyarakat sekarang. Aktivitas tubuh yang tidak maksimal, atau terlalu sering melihat layar ponsel, ternyata menjadi salah satu pemicu masalah ini terus bersarang di tubuh Anda.

Bahkan, belum lama ini, Daily Mail melansir ada 5 aktivitas sehari-hari yang memicu masalah ini di tubuh Anda. Selain main ponsel, ternyata sikat gigi juga bisa menjadi faktor risiko. Lho kok?

Terkait dengan masalah nyeri tulang belakang sendiri, penelitian terbaru menunjukan bahwa jumlah penderita masalah ini hampir setengah dari jumlah populasi manusia di dunia. Sebuah survey mengungkapkan dari 2.000 orang Amerika, Samuel Hubbard Shoe Co. menemukan ada 52 persen di antaranya yang terserang masalah ini.

Di sisi lain, seorang ahli menjelaskan cara Anda bergerak saat melakukan aktivitas sehari-hari ternyata menjadi pemicu awal atau bahkan pemicu utama munculnya masalah ini. Jon Bongcawel, fisioterapis senior di Physio Med, berkata, “Mungkin terdengar gila bahwa memperbarui status Facebook dapat menggangu kesehatan punggung Anda, tapi aktivitas yang berkepanjangan atau teratur dalam posisi yang salah dapat menahan punggung Anda dan memperparah cedera yang ada,” katanya.

Nah, 5 aktivitas apa saja yang menyebabkan nyeri tulang belakang dan punggung itu? Berikut ulasannya

1. Terlalu lama memandang layar ponsel pintar

Ini menjadi masalah yang sulit untuk dibenahi pada beberapa orang. Mereka seperti sudah tidak bisa lepas dari ponselnya dan bagaiman napas, ponsel seperti harus selalu ada di sampingnya. Dan ternyata, bermain ponsel menjadi salah satu penyebab orang nyeri tulang belakang. Posisi kepala yang merunduk dan tubuh yang tidak tegap, membuat orang mudah merasakan sakit di tulang belakangnya.

(Baca Juga: Minum Air Kencing Unta, Baik atau Buruk Sih? Ketahui Jawabannya di Sini!)

2. Gosok gigi dan cuci piring

Ini masalah berikutnya. Apakah di kamar mandi Anda wastafel diletakkan terlalu rendah dengan tubuh Anda? Kalau iya, ubah sekarang juga! Sebab, secara tidak sadar, ketika wastafel terlalu rendah, maka Anda akan menyikat gigi dengan tubuh yang nunduk. Pun juga saat Anda cuci piring. Jika kran airnya terlalu rendah, mau tidak mau Anda menunduk untuk bisa menjangkaunya. Setelahnya sakit di bagian tulang belakang? Itu masalah!

3. Menyapu

Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan masalah nyeri tulang belakang. Rasanya tidak mungkin jika Anda menyapu tapi tubuhnya tegap. Kecuali gagang sapunya setinggi Anda. Pada banyak sapu, mereka biasanya diciptakan dengan gagang pendek sehingga Anda harus menunduk sedikit untuk bisa menyapu kotoran di lantai rumah.

(Baca Juga: Menu Makan Siang Sehat untuk Bantu Turunkan Berat Badan)

4. Membersihkan kaca

Terdengar sepele. Tapi, aktivitas ini biasanya menimbulkan efek langsung di tulang belakang Anda. Sebab, saat Anda membersihkan kaca yang mana membutuhkan waktu yang cukup lama, tulang belakang Anda biasanya menopang terlalu lama saat tubuh Anda menunduk dan rasa nyeri pun akan datang saat Anda selesai melakukannya. Bahkan, rasa sakit itu bisa dirasakan saat Anda selesai pada bagian bawah jendela dan mengharuskan Anda berpindah ke bagian atas. perpindahan gerakan itu biasanya muncul nyerinya.

5. Menonton tv atau bermain di depan layar komputer atau laptop

Ah, ini sumber masalah yang sulit ditinggalkan. Duduk terlalu lama sangat memicu masalah nyeri tulang belakang. Dan menonton tv dan bermain di depan layar komputer adalah contoh nyata sumber nyeri tulang belakang yang bisa saja sudah dirasakan anak Anda yang masih remaja.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini