Image

Tips Sederhana Bersihkan Perhiasan Gunakan Bahan Rumahan

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 14:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 11 194 1843422 tips-sederhana-bersihkan-perhiasan-gunakan-bahan-rumahan-1bgXe4Tfhd.jpeg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

PERHIASAN merupakan salah satu aksesori penunjang penampilan seorang wanita. Tak ayal bila sebagian besar wanita menyimpan perhiasan di dalam lemarinya.

Kendati demikian, agar tidak kehilangan nilai investasinya, perhiasan perlu dirawat agar tetap terjaga dan mengilap. Tak perlu terburu-buru membawa ke toko perhiasan atau membeli pembersih khusus perhiasan, pasalnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk hal tersebut.

Ya, cukup tengok lemari dapur dan Anda akan menemukan berbagai bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda perhiasan. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa trik sederhana membersihkan perhiasan di rumah menggunakan bahan-bahan dapur, seperti dilansir HuffingtonPost, Kamis (11/1/2018).

Baking soda, air, dan aluminum foil

Merendam perhiasan perak dalam campuran baking soda, air panas, dalam mangkuk alumunium foil menjadi cara terbaik untuk membersihkan noda. Noda pada perhiasan perak akan berpindah ke air panas dan menyebabkan warna air berubah menjadi keruh lantaran terjadinya pertukaran ion. Setelah merendam, pastikan gunakan kain lembut dan tidak berserat untuk menghilangkan noda berlebih.

Sabun cuci piring, garam, baking soda, dan air

Serupa dengan metode campuran baking soda air panas, namun kali ini gunakan garam dan sabun cuci piring. Setelah direndam, sikat perhiasan menggunakan sikat gigi berbulu atau kain lembut. Cara ini bisa diaplikasikan pada perhiasan berbahan dasar batu dan logam keras, seperti berlian dan platinum. Namun, cara ini harus dihindari untuk membersihkan logam yang lebih lembut, seperti perak, emas, permata, dan opal.

Bir

Bir merupakan bahan alami yang tepat dalam membersihkan perhiasan emas. Namun, sebaiknya hindari untuk membersihkan perhiasan berjenis perak. Celupkan kain tidak berserat ke dalam bir, gosokkan ke permukaan perhiasan. Voila, perhiasan kesayangan Anda bersinar seketika.

Saos

Tak banyak yang tahu bila saos yang kerap kali menjadi pelengkap makanan ini bisa dimanfaatkan sebagai alat pembersih perhiasan. Saos bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan berjenis perak, kuningan, dan tembaga.

Air dan sabun

Trik klasik mencampurkan sabun dan air merupakan yang paling efektif dalam membersihkan perhiasan berjenis emas dan platinum, termasuk mutiara dan opal. Gunakan sikat berbulu halus atau kain lembut untuk membersihkan perhiasan emas, namun tidak perlu melakukan langkah ini untuk menghilangkan noda pada mutiara dan opal. Kemudian, keringkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini