Perhatikan Tips, Kelebihan dan Kekurangan Memandikan Kucing di Rumah

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 10:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 196 1843712 perhatikan-tips-kelebihan-dan-kekurangan-memandikan-kucing-di-rumah-Kus1Bf86bV.jpg Ilustrasi (Foto: Healthypets)

KUCING merupakan salah satu binatang peliharaan yang juga perlu mandi. Namun, kucing membutuhkan mandi tidak sesering manusia, cukup dua pekan sekali atau sebulan sekali, sesuai dengan kebutuhan dan daya tahan tubuhnya.

Jika setelah bermain kucing terkena kotoran yang menempel pada bulunya, maka diperlukan mandi. Dalam hal lain jika kucing kutuan atau berjamur, maka kucing tersebut perlu jenis mandi yang berbeda dan khusus untuk mengobati kutu dan jamurnya.

Bagi Anda baru saja memutuskan untuk memelihara kucing dan belum tahu bagaimana cara memandikan kucing dan apa saja peralatan yang diperlukan, berikut informasi yang bisa Anda terapkan ketika hendak memandikan kucing di rumah, dilansir dari Catster, Sabtu (13/1/2018):

Peralatan yang dibutuhkan

- Sarung tangan karet

- Sampo kucing bisa dibeli di toko hewan peliharaan atau supermarket

- Shower bertekanan rendah

- Handuk besar

- Bola kapas untuk membersihkan telinga

- Sebuah kain kecil untuk membersihkan wajah

(Baca Juga: Sederet Makanan Manusia Ini Juga Bermanfaat Bagi Hewan Peliharaan)

Perlu diingat untuk memandikan kucing diperlukan sampo khusus sesuai dengan rasnya. Pakai pula sampo yang memang diformulasikan secara khusus, seperti berasal dari varietas obat, hypoallergenic, dan antibakteri.

Jika Anda tidak memiliki sampo kucing, bisa juga menggunakan sampo bayi yang kandungan kimianya ringan. Hindari memandikan kucing dengan jenis produk pembersih manusia, karena bisa merusak bulu kucing, juga bisa membuat pedih mata kucing, yang berpotensi iritasi.

Cara memandikan

- Isi wastafel sekira 2-3 inci air hangat

- Basahi kucing dari bahu ke ekor dan oleskan sampo dengan lembut

- Sama seperti rambut Anda, badan kucing pun akan berbusa, lalu bilas secara menyeluruh sampai bersih

- Karena kebanyakan kucing benar-benar membenci air yang terciprat di wajahnya, maka gunakanlah lap untuk membersihkan kepala kucing dengan lembut

- Gunakan bola kapas untuk membersihkan telingan kucing, jangan pernah menggunakan benda apapun untuk membersihkan telinga kucing kecuali bola kapas

(Baca Juga:  Tips Memelihara Kucing dan Anjing Buta di Dalam Rumah)

- Setelah busa hilang dan sudah dibilas menyeluruh, angkat kucing ke handuk besar dan selimuti tubuhnya

- Keringkan tubuh kucing dengan handuk dengan lembut, bila perlu gunakan blok dryer, tapi jika kucing takut dengan suara bisingnya, lebih baik hindari saja. Tetap perhatikan perilaku kucing, jika ia tidak nyaman, sebaiknya sudahi dan cari cara yang lebih disenangi

Dengan Anda memandikan kucing sendiri di rumah, maka Anda sepenuhnya lah yang bertanggung jawab atas kebersihan, kesehatan, dan keselamatan kucing. Anda bisa memilih sendiri jenis sampo dan perlakuan yang terbaik untuk kucing Anda.

Namun, jika Anda lalai bisa saja masih tersisa kotoran yang melekat pada tubuh kucing, berbeda dengan memandikan kucing di salon hewan. Meskipun mereka menjanjikan layanan yang sempurna dan 100 persen bersih, Anda tidak bisa mengontrol jenis sampo yang digunakan, cara mereka menangani kucing yang bisa saja kasar.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini