nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Bawa Hoki, Ini 4 Manfaat Memelihara Ikan Hias

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 196 1843785 selain-bawa-hoki-ini-4-manfaat-memelihara-ikan-hias-k0xo19De7y.jpg Ilustrasi (Foto: Cuteness)

MEMELIHARA ikan di akuarium atau kolam ikan di rumah punya banyak manfaat. Di balik itu, ada maknanya berdasarkan feng shui terkenal.

Banyak jenis ikan yang populer, bahkan dipercaya membawa berkah bagi pemiliknya. Ikan berdasarkan feng shui membawa hoki atau pembawa rezeki yang melimpah.

Setiap orang yang sengaja memelihara ikan juga punya maksud tersendiri. Ikan di akuarium atau di kolam bisa merelaksasi pikiran di saat penat melanda.

Adapun ragam jenis ikan hias yang kerap dipelihara berupa ikan koi, ikan louhan, ikan koki, sampai golongan ikan cupang yang harganya melejit. Ragam ikan ini dianggap membawa keberuntungan yang pasti.

Selain makna dari kebiasaan memelihara ikan, ada juga manfaat bagi kesehatan mental yang didapatkan oleh pemilik ikan hias tersebut. Berikut ulasannya, dilansir Fengshuinexus.

Mengurangi stres

Konsultan Allan Schwartz, LCSW, PhD mengatakan, ikan yang dipelihara dalam akuarium memiliki kemampuan untuk mengurangi stres dan kecemasa. Ada efek menenangkan, pertama dari suara gemercik airnya dan warna-warna ikan yang menyolok.

Normalkan tekanan darah dan jantung

Sebuah studi oleh para ahli dari National Marine Aquarium dari Universitas Plymouth dan University of Exeter menunjukkan, menatap ikan berenang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi denyut jantung. Diperkirakan detak jantung menurun sebesar 3% ketika orang menatap sebuah akuarium yang dihiasi dengan rumput buatan dan batu alam. Hal ini pasti sangat diharapkan oleh banyak orang, daripada harus minum obat-obatan penawar penyakit jantung.

Meredakan sakit gigi

Benar kata orang yang berkata bahwa sakit gigi lebih tidak nyaman daripada sakit hati. Sementara dengan memandangi ikan berenang di kolam atau akuarium dapat meredakan masalah gigi tersebut. Ikan hias dipercaya memiliki efek terapetik. Ini juga dapat mengurangi rasa trauma dengan dokter gigi yang banyak dialami seseorang.

Lawan alzheimer

Sebuah studi oleh Purdue University menunjukkan, jika ikan berwarna cerah dan bentuknya menggemaskan dapat melawan gangguan demensia. Saraf di otak yang tadinya terganggu perlahan-lahan normal. Gerakan ikan yang gesit juga membuat seseorang mudah berpikir. Peningkatan daya ingat pasti terjadi tanpa disadari. Karena itu, melihat ikan bisa membantu mencegah gangguan otak itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini