nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Wujud Kotak Susu Klasik di Jepang yang Hits di Era 1980-an

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 298 1843343 begini-wujud-kotak-susu-klasik-di-jepang-yang-hits-di-era-1980-an-GJAzKLeDaF.jpg Kotak susu klasik di Jepang (Foto: Amusingplanet)

BEBERAPA negara punya banyak kebiasaan yang menarik perhatian wisatawan. Di Jepang, setiap pagi ada kurir susu yang mengantarkan ke rumah-rumah, lalu diletakkan di kotak yang unik.

Kotak susu tersebut bentuknya sangat klasik, yang dipasang di dekat pagar rumah. Para pengantar susu setiap pagi meletakkan botolan susu segar ke dalam kotak itu.

Di Jepang, budaya minum susu setiap hari juga melekat. Minuman ini menjadi andalan setiap orang di sana karena nutrisinya yang sehat.

Bagi penduduk di negara-negara barat, budaya mengirim susu sudah menjadi bagian masa lalu. Namun di Jepang, jutaan orang masih mengandalkan susu segar setiap hari yang diantarkan oleh kurir khusus.

Banyak rumah tradisional Jepang memiliki kotak pengiriman susu unik. Kotak itu dibuat dari kayu yang dipahat dan sangat klasik.

Kotaknya diletakkan di luar rumah, tepatnya di tembok dekat pagar. Para pengantar susu bisa menjatuhkan botol atau karton susu, selayaknya kotak surat.

(Baca Juga: Kafe Ranma 1/2 di Jepang Sajikan Menu Unik Khas Manga Kondang)

Tapi mengikuti perkembangan zaman, beberapa kotak susu itu dibuat dari bahan sterofoam. Tak jarang, beberapa rumah tradisional di Negeri Sakura itu menyimpan kotak kayu yang awet.

Sayang, pengantar susu juga mulai berkurang karena ada profesi yang lain. Beberapa toko susu juga sudah menjamur, sehingga kebiasaan menunggu susu segar datang pagi-pagi mulai berkurang.

Banyak juga perusahaan berbasis susu di Jepang yang telah mendunia. Seperti Meiji, yang melebarkan pasar pembelian susu yang menggerus kebiasaan unik mengantarkan susu.

Mereka mengantarkan susu dalam jumlah banyak dengan mobil box ke toko-toko retail di sekitaran Jepang. Kebiasaan masyarakat dalam membeli susu dilakukan di toko kelontong hingga supermarket.

(Baca Juga: Inilah Destinasi Wisata Indonesia yang Menenteramkan saat Musim Hujan)

Penyediaan produk susu kali ini juga beragam jenisnya. Mulai dari susu segar, yoghurt, keju, dan masih banyak lagi. Minat masyarakat pun berubah karena varian yang beragam.

Karena pemasaran perusahaan susu untuk memerangi kurangnya minat konsumen yang telah berkurang sepanjang tahun 1980an. Hal ini cukup membuat masyarakat rindu dengan kebiasaan pagi-pagi yang rutin dilakukan di era itu. Demikian dilansir Amusingplanet, Kamis (11/1/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini