nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi Ingin Makan Bihun? Bikin Bihun Ayam Jamur Yuk

Sindonews, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 12:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 298 1843383 lagi-ingin-makan-bihun-bikin-bihun-ayam-jamur-yuk-1RuRf58XsR.jpg Bihun untuk makan siang (Foto:Ilustrasi/Seriouseats)

TERKADANG makan siang terasa membosankan dengan menu yang itu-itu saja. Kini, saatnya Anda mulai berkreasi dengan membuat menu lain sehingga menu makan siang terasa lebih menyenangkan dan Anda tidak melewatkan begitu saja.

Anda pun bisa membuat Bihun Ayam Jamur. Caranya pun mudah. Berikut resep membuat Bihun Ayam Jamur seperti dikutip Tastemade.

BACA JUGA:

Begini Wujud Kotak Susu Klasik di Jepang yang Hits di Era 1980-an

Bahan - bahan:

100 g bihun

2 sdm minyak goreng

1 buah bawang bombay, cincang halus

2 siung bawang putih, cincang halus

250 g daging ayam

250 g sawi hijau

100 ml air kaldu ayam

5 buah jamur kancing

3 sdm saus tiram

1 sdm kecap inggris

½ sdt kecap asin

¼ sdm gula pasir

1 sdt merica

1 sdt garam

Air untuk merebus

 

Campuran dalam mangkuk:

1 sdt minyak wijen

1/2 sdt kecap asin

Cara membuat:

1. Panaskan minyak, tumis ayam, jamur, bawang bombay dan bawang putih. Masukkan saus tiram, kecap inggris dan kecap asin, tumis hingga ayam berubah warna.

2. Siapkan panci berisi air, rebus bihun hingga lunak lalu sisihkan. Blansir sawi, tiriskan dan sisihkan. Masukan minyak wijen, kecap asin, dan bihun dalam mangkuk saji, aduk rata.

3. Tambahkan sawi yang telah di blansir, tumisan ayam, irisan daun bawang diatas bihun. Sajikan dengan smangkuk kecil air kaldu yang telah diberi irisan daun bawang.

Nah sama seperti mi, saat memilih bihun Anda juga harus teliti agar tidak mendapatkan kualitas yang buruk apalagi menggunakan bahan kimia berbahaya.

Tentu Anda akan memilih bahan yang segar dengan kualitas bagus. Lalu bagaimana jika bahan makanan itu sifatnya kering? Bihun misalnya. Ternyata, bihun yang sehat atau tidak mengandung bahan kimia berbahaya memiliki penampakan fisik yang kurang menarik dan cenderung berwarna kusam.

Chef Nuro kepada Okezone melalui pesan elektronik, mengatakan, bihun yang sehat bisa dikenali dari beberapa ciri fisik, salah satunya dari warna.

“Bihun yang sehat dan bebas dari bahan tambahan berbahaya justru memiliki tampilan yang tidak menarik, misalnya dari warna yang terlihat kusam,” jelasnya.

BACA JUGA:

Kafe Ranma 1/2 di Jepang Sajikan Menu Unik Khas Manga Kondang

Bihun terbuat dari bahan dasar tepung beras. Menurut Chef Nuro, meskipun tepung beras berwarna putih tapi setelah diolah menjadi bihun pasti warnanya tidak akan putih bersih. Jika mendapati bihun dengan warna putih bersih dan tidak transparan, Anda harus waspada karena bisa saja bihun tersebut mengandung pemutih.

Chef Nuro juga menambahkan, saat ini banyak bahan makanan olahan yang tidak sehat karena mengandung zat kimia berbahaya.

“Bahan baku olahan seperti berbagai jenis mi rentan ditambahkan bahan tambahan kimia seperti pewarna makanan, pengawet dan lain sebagainya. Kita yang harus pintar dalam memilih,” tutup Chef Nuro.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini